Selasa, 19 November 2019
Gaya Hidup International Coffee Day

Mengenal Sekilas Hari Kopi Internasional

Mengenal Sekilas Hari Kopi Internasional ILUSTRASI: International Coffee Day. (Grafis: Senda H/TIMES Indonesia)
Jum'at, 30 September 2016 - 20:22

TIMESINDONESIA, MALANG – Hari Kopi dirayakan di banyak negara, tidak terkecuali Indonesia. Bukan tanpa sebab, ekspresi kepedulian terhadap petani kopi menjadi salah satu alasan Hari Kopi dirayakan.

Awalnya ada dua versi soal tanggal peringatan Hari Kopi Internasional. Versi pertama menyebut 29 September, sementara lainnya menyebut 1 Oktober untuk International Coffee Day . 

Setidaknya, ada 17 negara yang merayakan Hari Kopi pada 29 September, diantaranya Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, Skotlandia, Ethiopia, Britania Raya, dan Australia. 

Bagaimana dengan 1 Oktober? Kemunculannya sebagai International Coffee Day diresmikan oleh International Coffee Organization (ICO) di Kota London, Inggris pada 2015. 

Sebelumnya, sidang ICO pada Maret 2014, negara-negara yang tergabung didalamnya sepakat mengatur perayaan pertama Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober 2015 untuk membuat satu hari perayaan bagi pencinta kopi seluruh dunia.

ICO merupakan organisasi antar pemerintah untuk kopi untuk menyatukan ekspor dan impor menghadapi tantangan perkopian dunia melalui kerjasama internasional.

Awalnya 74 negara, dan kini 77 negara dan 24 asosiasi kopi tergabung dalam ICO. Mereka mewakili 98 persen produksi kopi dunia dan 83 persen konsumsi dunia.

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration