Pendidikan

Robot Karya Siswa SD Muhammadiyah Juara Pertama Olimpiade

Selasa, 30 Agustus 2016 - 15:51 | 94.40k
Siswa SD Muhammadiyah mendemonstrasikan robot Sumo yang meraih juara 1 olimpiade, di GKB Gresik. (Foto : Mohammad Zaini/TIMESIndonesia)
Siswa SD Muhammadiyah mendemonstrasikan robot Sumo yang meraih juara 1 olimpiade, di GKB Gresik. (Foto : Mohammad Zaini/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Khoirudin Fadli dan Ahmad Fajrul Falakh, dua orang Siswa Kelas 6 SD Muhammadiyah, Jalan Amuntai Gresik Kota Baru, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim), berhasil meraih juara 1 Olimpiade Islamic School Robot tingkat Nasional di Nusa Tenggara Barat 16 - 19 Agustus 2016 lalu.

Menurut Khoirudin, robot yang diberi nama Sumo Robotik tersebut diambil dari nama gulat Sumo di Jepang itu berbobot 1 kilogram. Mesin robot Sumo terbuat dari rangkaian mesin Canon ball, sehingga memiliki kelincahan dan daya dorong yang kuat.

"Karena keseimbangan rangkaian, robot kita bisa tampil lincah, sehingga bisa mengalahkan robot lainnya di lintasan," paparnya, Selasa (29/09/2016).

Pada masa yang akan datang, Khoirudin berencana mengembangkan robot buatannya menjadi robot otomatis, sehingga tidak membutuhkan Joy stick saat mengendalikannya. 

"Dalam olimpiade kemarin salah satu penilaiannya adalah teknik mengendalikan robot menggunakan Joy stick, namun kedepan kita berencana mengembangkan kendalinya secara otomatis menggunakan sensor," ujar siswa yang bercita-cita jadi pesebak bola itu.

Pada kompetisi tersebut, sebanyak 36 siswa dari SD Muhammadiyah GKB Gresik bersaing dengan peserta lain dari seluruh Indonesia dengan mampu memboyong delapan piala sekaligus. 

"Dalam lomba kontes robot tersebut, tim kita mengikuti kontes robot pada kategori Canon Ball Shooter Robot dan Submarine," kata pembina program ektrakurikuler robot SD Muhammadiyah GKB Gresik, Shofan Hariyanto.

Dalam kompetisi robot tersebut, 36 siswa hanya mengikuti dua kategori, yaitu ketegori Canon Ball Shooter Robot yang berhasil meraih Juara 1, 3, 4, 5 dan 6. Sedang ketegori Submarine berhasil meraih juara 1, 2 dan 3. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ardiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES