Jum'at, 19 Oktober 2018
Peristiwa - Daerah Erupsi Gunung Bromo

Bandara Abdul Rachman Saleh Kembali Ditutup

Bandara Abdul Rachman Saleh Kembali Ditutup Bandara Abdul Rachman Saleh kembali mengalami penutupan untuk aktivitas penerbangan pada Jumat (15/7/2016). (Foto: Dok. TIMESIndonesia/ Senda Hardika)
Jum'at, 15 Juli 2016 - 18:49

TIMESINDONESIA, MALANG – Bandara Abdul Rachman Saleh kembali mengalami penutupan untuk aktivitas penerbangan pada Jumat (15/7/2016). Penutupan ini dikarenakan abu vulkanik dari erupsi Gunung Bromo yang mengarah ke barat daya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Abdul Rachman Saleh Malang, Suharno mengatakan penutupan ini berlaku sejak pukul 11.07 WIB. Kemudian bandara baru akan kembali dibuka usai memdapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.

"Bandara ditutup, hari ini pukul 11.07 WIB sampai besok pukul 09.00 WIB," kata Suharno, Jumat (15/7/2016).

Suharno menjelaskan penutupan ini menyebabkan tujuh jadwal penerbangan di bandara malang dibatalkan dan harus dialihkan ke Bandara Juanda Sidoarjo. Sedangkan, untuk seluruh penumpang yang sebelumnya landing ke Malang juga harus dialihkan di Bandara Juanda Sidoarjo. 

Sementara itu, sebagai informasi aktivitas vulkanis Gunung Bromo mengalami peningkatan sejak sepekan terakhir. Abu terus keluar dari mulut kawah yang juga menjadi destinasi wisata tersebut. Selama terjadi peningkatan aktivitas ini, wisatawan hanya diperkenankan berada di radius satu kilometer dari mulut kawah. 

Sebelumnya, bandara juga mengalami penutupan akibat kondisi ini pada Senin (11/7/2016) dan kembali dibuka pada Selasa (12/7/2016).  Namun, bandara yang terletak di Pakis, Kabupaten Malang kembali ditutup hingga sampai Sabtu (16/7/2016).(*)

Jurnalis : Imaduddin Muhammad
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration