Gayeng With YM

Minta Ngerti, Minta Paham

Minggu, 03 Juli 2016 - 11:39 | 19.39k
KH Yusuf Mansur
KH Yusuf Mansur

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ayat demi ayat di dalam Al Quran itu ibarat lambang olimpiade. Cincin yang saling terkait. Saling mengikat. Saling menyatukan. Saling menjelaskan. Walaupun ia bisa berdiri sendiri. Atau bahkan pecahan kata dalam satu ayat, bisa juga berdiri sendiri.

Saat ngerti ga ngerti tentang ayat, yakni baik ngerti maupun ga ngerti. Nanya Allah itu penting. Minta Perlindungan-Nya juga penting. Jangan ampe kita salah ngerti. Salah dapat pengertian. Dan jangan ampe ga minta sama Allah untuk bisa ngerti. Ini menjadi protap.

Yang paling sederhana:

1. Berta’awwudz dulu. Tapi jangan datar dan tanpa rasa. Berta’awwudz dengan rasa. Kalimat a’udzu billaah nya saja diresapi. Direnungi.

2. Bismillaah pun sama. Pake rasa. Pake hela-an nafas.

3. Terus berdoa. Minta ngerti dan minta Perlindungan-Nya. Minta paham dan minta Penjagaan-Nya.

4. Bila berkenan, bershalawat dulu sebelum mencoba memahami ayat demi ayat. Sekalian sebagai terima kasih ke Nabi dengan mendoakannya. Kan sebab Nabi, dengan Izin Allah, kita jadi bisa baca Quran. Sebab perjuangannya, dakwahnya, pengajarannya, dengan Izin Allah.

5. Untuk ayat yang kepengen banget dipahami, bangun shalat dua rakaat. Keren dah. Bukan minta sekedar dunia. Tapi minta ngerti, minta paham, akan ayat-ayat-Nya. “Mintalah Pertolongan Allah dengan jalan sabar dan shalat.” Begitu Allah berfirman. Minta tolong dengan jalan shalat supaya dikasih ngerti dikasih paham.

6. Jangan baca sekali dua kali. Ga paham, gapapa. Lanjut aja baca yang lain. Tapi tar baca lagi, baca lagi, baca lagi. Biasanya akan ada Petunjuk Allah tentang gimana-gimananya. Asyik dan menyenangkan. Menyabarkan diri dalam memahami ayat-ayat-Nya.

7. Siapkan buku tulis dan pulpen. Untuk nyatat-nyatat dari apa yang ditemukan saat mentadabburi ayat-ayat Allah dari Al Quran-Nya yang mulia.

Al Quran will tell you something.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : YusufMansur.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES