Peristiwa Daerah

Ratusan Penghuni Lapas Lamongan Mendapat Remisi Lebaran

Jumat, 01 Juli 2016 - 13:12 | 151.48k
Aktivitas pada bulan suci Ramadhan di di Lapas Kelas II A Lamongan. (Foto : Ardiyanto/TimesIndonesia)
Aktivitas pada bulan suci Ramadhan di di Lapas Kelas II A Lamongan. (Foto : Ardiyanto/TimesIndonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Keberkahan Hari Raya Idul fitri 1437 Hijriah dirasakan seluruh umat muslim di Indonesia. Tak terkecuali bagi ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lamongan, Jawa Timur (Jatim) yang mendapatkan potongan tahanan (remisi) saat Lebaran tahun 2016 ini. 

"Untuk Lapas Lamongan tahun ini, surat keputusan yang sudah turun dari Kemenkumham remisi Idul Fitri ada sebanyak 132 orang narapidana," ungkap Kepala Lapas Lamongan, Slamet, Kamis (1/7/2016). Mereka yang mendapatkan remisi Lebaran ini, khusus narapidana yang beragama Islam.

Bahkan, dari 132 orang narapidana tersebut, sambung Slamet, ada narapidana yang bisa langsung menghirup udara segar lebih cepat dari semestinya saat Lebaran tiba. "Yang bebas langsung saat Lebaran nanti ada dua orang," urai dia. 

Ia menuturkan, pemberian remisi lebih di berikan ke narapidana yang selama berada di Lapas Kelas II A Lamongan memperlihatkan perilaku baik dan disiplin. "Mereka mendapat remisi mulai dari 15 hari sampai satu setengah bulan. Yang mendapat remisi tahun ini kasus kriminal biasa," paparnya. 

Lebih lanjut Slamet mengatakan, kemungkinan jumlah narapidana yang mendapatkan remisi pada Idul Fitri bisa bertambah.

"Yang masih dalam proses usulan ada 24, insya allah sebelum lebaran SK nya sudah turun.  Jadi kalau nanti kelua semua berarti ada 156 orang," terangnya. 

Slamet menambahkan, selama bulan Ramadhan, sebanyak 301 orang narapidana yang mendekam di Lapas Lamongan mengikuti berbagai kegiatan keagamaan, seperti menulis dan membaca Al-quran dan pengajian. "Napi disini banyak yang pintar membaca Al-quran loh," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES