Peristiwa Nasional Kapolri Pilihan Jokowi

DPR Mulai Telisik Rekam Jejak Tito

Selasa, 21 Juni 2016 - 15:20 | 33.01k
Calon tunggal Kapolri, Komjen Polisi Tito Karnavian (Foto: antaranews)
Calon tunggal Kapolri, Komjen Polisi Tito Karnavian (Foto: antaranews)
FOKUS

Kapolri Pilihan Jokowi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo menegaskan jika pihaknya memulai proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pada calon tunggal Kapolri, Tito Karnavian.

"Terkait proses uji kelayakan, mulai hari ini di Komisi III mengundang PPATK, KPK dan Kompolnas meminta masukan rekam jejak calon Kapolri," katanya di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Menurutnya, KPK diundang untuk mengetahui apakah selama Tito menjadi pejabat di Polri, ada pengaduan dari masyarakat terkait tindak pidana korupsi. Sementara PPATK dimintai masukan terkait klarifikasi keuangan, apakah ada indikasi transaksi mencurigakan.

"Kalau Kompolnas akan dimintai pendapatnya terkait rekam jejak Tito selama di Polri," imbuhnya.

Selain itu, Bambang mengatakan jika Komisi III sudah memasang iklan di media massa nasional untuk meminta masukkan masyarakat terkait rekam jejak Tito selama di Kepolisian. Karena itu ia berharap pendapat dan informasi dari semua elemen masyarakat seperti LSM pegiat HAM terkait rekam jejak Tito.

"Kalau terkait dugaan pelanggaran (HAM), kami menunggu dari masyarakat, komnas HAM dan LSM penggiat HAM," pungkas Bambang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES