Kesehatan

Satu Jam Dua Ibu Meninggal, Mensos Ajak Suami SIAGA

Senin, 18 April 2016 - 15:38 | 92.55k
Ilustrasi melahirkan (Foto: rimanews)
Ilustrasi melahirkan (Foto: rimanews)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa angka kematian ibu akibat komplikasi persalinan di Indonesia masih tinggi. Angka kematian ibu tersebut pada kisaran 356 per 100 ribu kelahiran bayi. 

"Satu jam 2 orang ibu meninggal akibat komplikasi persalinan,dan berarti jika dikalkulasikan setiap hari ada 48 ibu yang meninggal karena hal tersebut," ungkap perempuan yang juga Ketua PP Muslimat NU ini saat berkunjung ke Kota Malang, Minggu (18/4/2016) malam. 

Khofifah menceritakan bahwa sosok Kartini yang dianggap sebagai panutan bagi kaum perempuan di Indonesia juga meninggal dalam kondisi tersebut. 

"Kartini meninggal pada usia muda 25 tahun karena mengalami komplikasi persalinan," jelasnya. 

Melihat hal tersebut, ia mengajak seluruh warga bangsa melakukan refleksi secara kritis dan serius bahwa angka kematian ibu melahirkan masih cukup tinggi di tanah air. 

"Oleh karena itulah, saya mengajak suami untuk SIAGA,( Siap Antar Jaga). Kalau istrinya sudah sembilan bulan, suami harus siaga kalau kalau anytime istrinya sudah kontrakai dan membutuhkan persalinan," ajaknya. 

"Ini satu program yang sejak dulu saya promosikan. Sejak menjadi Kepala BKKBN Jaman Gus Dur," imbuh Perempuan yang juga menjabat Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES