Kesehatan

Di Kota Blitar Kesadaran Ibu Memberikan ASI Hanya 77 Persen

Rabu, 13 April 2016 - 11:22 | 76.62k
Ilustrasi ibu menyusui.(Foto: viva)
Ilustrasi ibu menyusui.(Foto: viva)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Data di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar menunjukkan hingga akhir Maret 2016 Kesadaran Ibu di Kota Blitar dalam memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif kepada bayi hanya 77 persen. Padahal ASI memiliki peranan penting dalam menunjang  pertumbuhan bayi tersebut.

Hal diatas disampaikan oleh Kepala Bidang Peningkatan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Blitar Suprayogi kepada wartawan, Rabu (13/4/2016).  Menurutnya 77 persen bayi yang menerima ASI ekslusif itu adalah bayi usia 0 sampai dengan 6 bulan.

“Hingga akhir bulan Maret prosentase Dari kesadaran para ibu untuk memberikan asi eklusif hanya 77 persen atau sekitar 1507 orang dengan rincian untuk Kecamatan Sananwetan ada 614 orang, Kecamatan Sukorejo ada 599 orang kemudian di Kecamatan Kepanjenkidul ada 294 orang ,” kata Suprayogi.

Menurutnya ada beberapa faktor yang menyebabkan para ibu tidak memberikan ASI eksklusif ini. Faktor itu adalah sebagaian besar dari mereka kurang mengerti dan paham penting nya ASI serta dikarenakan ada kendala yakni berkaitan dengan kondisi kesehatan ibu.

Suprayogi berharap untuk bulan berikutnya kesadaran ibu dalam memberikan ASI akan semakin meningkat, upaya Dinkes untuk meningkatkan kesadaran para ibu adalah dengan memberikan sosialisasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES