Wisata

Erupsi Barujari Sebabkan Pariwisata NTB Menurun

Selasa, 10 November 2015 - 21:20 | 32.54k
Ilustrasi
Ilustrasi

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, MATARAM – Erupsi Gunung Barujari membawa dampak terhadap menurunnya jumlah kunjungan wisata di daerah Nusa Tenggara Barat (NTB). Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB memperkirakan jumlah kerugian yang dialami sektor pariwisata mencapai puluhan miliar rupiah.

"Kami belum menghitung angka pastinya berapa, tetapi kita taksir jumlahnya mencapai puluhan miliar rupiah, karena tidak beroperasinya Bandara Internasional Lombok (BIL)," kata Ketua PHRI NTB I Gusti Lanang Patra di Mataram, Selasa (10/11/2015).

I Gusti Lanang Patra mengatakan akibat tidak beroperasinya BIL ini, pihaknya memperkirakan target kunjungan dua juta wisatawan yang dietapkan Pemerintah Provinsi NTB di tahun 2015 ini tidak akan tercapai.

"Ada kemungkinan target kunjungan itu akan terganggu dengan adanya letusan ini, karena kalau kita membandingkan dengan bulan November pada 2014 angka kunjungan kita sudah 70 persen," katanya.

Selain mengganggu peningkatan pariwisata, erupsi Gunung Barujari juga mengganggu kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) yang dilasanakan di wilayah NTB. Ratusan kegiatan baik nasional maupun internasional harus ditunda dan dibatalkan pelaksanaannya akibat erupsi Gunung Barujari tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES