Wisata

Indahnya Berlibur Akhir Pekan ke Lima Pantai di Malang

Minggu, 08 November 2015 - 14:40 | 103.65k
Pantai Sendang Biru Malang (Foto : googleimage)
Pantai Sendang Biru Malang (Foto : googleimage)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, MALANG - Pada tahun 2015 lalu, Indonesia masuk daftar 15 negara-negara 'sengsara' di dunia. Hal itu seperti yang dirilis Bloomberg. Pemicunya karena pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus merosot. Namun, tak usah pusing mikirkan hal itu. Ayo segera gunakan libur akhir pekan anda untuk mengunjungi keindahan lima pantai yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kabupaten Malang tak hanya kaya akan candi peninggalan para leluhur yang hingga kini masih kokoh dan indahnya, banyak dikunjungi para wisatawan lokal, nasional dan internasional. Namun banyak pantai yang indah bisa dinikmati semua orang.

Salah satu pantai yang terus banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Balekambang. Pantai itu adalah salah satu obyek wisata pantai yang bisa di kunjungi di Malang. Pantai ini terletak di kecamatan Bantur, 65 Km sebelah selatan Kota Malang.

Pantai Balekambang terbentang dengan sangat indah dimana terdapat karang laut sepanjang 2 km dan memiliki lebar 200 meter ke arah laut. Terdapat tiga  pulau yang terdekat dengan pantai itu. Yakni, Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. 

Tepat di atas pulau Ismoyo itu, terdapat sebuah Pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang.

Pantai kedua adalah Pantai Sendang Biru yang berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Tepatnya di 30 Km bagian selatan Malang. Pantai Sendang Biru sendiri adalah obyek wisata yang sangat indah, tak kalah dengan keindahan Pantai Balekambang.

Di samping itu, bagi wisatawan yang ingin menyebrang ke pulau Sempu, pasti harus melewati pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Dengan adanya pulau Sempu itu, cukup membuat pantai Sendang Biru memiliki ombak yang tidak terlalu besar layaknya pantai laut selatan lainnya.

Pantai ketiga adalah Pantai Ngliyep yang berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. Tepatnya di 62 km dari arah selatan Kota Malang lokasi pantai tersebut.

Pantai Ngliyep adalah pantai dengan keindahan alam yang masih natural dengan perpaduan tebing-tebing yang curam dan hutan lindung di sekeliling pantai. Pasir putihnya yang seakan berbisik pada setiap pengunjung yang datang, terlihat masih alami dan ombak yang serasa bermain di sela-sela tebing membuat pantai Ngliyep layak untuk dikunjungi.

Akses jalan menuju ke pantai ini dari pusat pemerintahan Kabupaten Malang yaitu Kepanjen, tergolong mudah. Infrastruktur jalannya memadai dan medan yang tidak terlalu ekstrem, sangat memudahkan perjalanan para wisatawan yang akan datang. lebih asyik jika menggunakan sepeda motor.

Selanjutnya adalah Pantai Kondang Merang. Pantai ini memang kurang familiar dibandingkan dengan pantai Balekambang, meskipun letaknya sangat dekat, sekira 2 km dari pantai Balekambang.

Pantai Kondang Merak berlokasi di Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Pantai itu tergolong masih alami dan penghasil berbagai ikan hias bagi warga setempat.

Nama Kondang Merak, dari kisah warga setempat, karena sering melihat burung Merak singgah untuk meminum air tawar yang terdapat di sekitar pantai. Pantai tersebut pun menjadi terkenal karena burung Meraknya. Karenanya disebut "Pantai Kondang Merak".

Terakhir adalah Pantai Bajulmati. Pantai ini berlokasi di Desa Bajulmati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, tepatnya 58 Km arah selatan dari Kota Malang atau sekitar 10 menit dari Pantai Goa Cina.

Apabila ingin bepergian ke Pantai Bajulmati, Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa China ini sebaiknya melewati daerah Turen atau Sumbermanjing Wetan. Dalam perjalanan menuju pantai ini harus hati-hati, meskipun jalan terbilang mulus tapi banyak jalanan yang menikung tajam layaknya jalan-jalan di pegunungan.

Pantai Bajulmati diketahui mempunyai kelebihan yaitu dengan teluk-teluk yang indah. Selain menghadirkan pesona alam laut selatan, Pantai Bajulmati juga dikenal sebagai pantai yang sangat unik. Namanya saja "Bajulmati" yang berarti Biawak Mati (Buaya Mati).

Di pantai tersebut, para wisatawan dapat melihat beberapa gugusan bukit diseberang pantai yang terlihat dari kejauhan seperti bajul mati. Pantai ini merupakan pula tempat yang baik untuk berkemah. Kondisi demikian pantai tersebut disebut Pantai Bajulmati. Penasaran? Silahkan gunakan libur akhir pekan anda untuk bercengkrama dengan bisikan air pantai dan bisikan pasir putih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES