Kuliner

Mengupas Rahasia Roti Manis Ala Jepang

Minggu, 08 November 2015 - 00:12 | 67.58k
Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Roti manis ala Jepang berbeda dengan roti biasa yang banyak dijumpai di toko-toko roti. Roti manis ala Jepang ini saat ini semakin banyak penggemarnya. Ahli roti dari Bungasari Flour Mills Indonesia, Zainal Arifin, mengatakan rahasia untuk membuat roti manis ala Jepang terletak pada bahan dan metode pembuatannya.

"Roti biasa dan roti Jepang ini beda. Kalau roti Jepang lebih cenderung berani untuk menggunakan bahan yang lebih bagus. Metode pembuatan adonanya lebih banyak menggunakan "sponge and dough" sedangkan roti biasa lebih menggunakan "straight dough". Variasi bentuk dari roti Jepang lebih unik dan beragam," ujar Zainal di Jakarta, Sabtu (7/11/2015).

Zainal Arifin menambahkan, Metode "sponge and dough" adalah proses pembuatan roti dengan dua kali pengadukkan atau dikenal pembuatan roti metode biang. Sementara, metode "Straight Dough" adalah teknik pembuatan roti dengan waktu fermentasi sebentar.

Adonan yang sudah tercampur diistirahatkan terlebih dahulu sekitar 10 menit agar menghasilkan roti yang sempurna dan mengembang. Sebaiknya tutup adonan dengan plastik bening agar udara tidak masuk. Dan jangan menutupnya dengan serbet basah, karena adonan memiliki suhu yang panas dan serbet suhunya dingin sehingga bisa menarik air dan menghasilkan adonan yang kering. Setelah diistirahatkan adonan bisa segera digunakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES