Kuliner

Kuliner Lokal Jadi Andalan di MEA

Rabu, 04 November 2015 - 01:37 | 48.69k
Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tiga kuliner Indonesia yaitu Kopi Kintamani, kopi Bajawa, dan rendang Payakumbuh akan menjadi produk andalan. Ketiga produk kuliner lokal yang telah mendapatkan sertifikat Kekayaan Intelektual (KI) Indikasi Geografis tersebut akan dibranding dan packaging ulang.

"Kita akan branding dan packaging ulang produk kuliner dari tiga daerah untuk pasar MEA," kata Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Emilia Suhaimi di Jakarta, Selasa (03/11/2015).

Kementerian akan mengumpulkan dan mengidentifikasi semua merek dan kemasan untuk tiga produk kuliner itu yang telah beredar di pasar.

"Setelah itu kami akan kaji, bedah, telaah, dan redisain untuk kemudian kita serahkan kembali kepada mereka sehingga kemasan semakin menarik tapi merek tetap terserah mereka," kata Emilia.

Karakteristik khas pada ketiga produk itu muncul karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut sehingga memberikan ciri khas dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES