Kuliner

Mangga Alpukat, Mangga Khas Kabupaten Pasuruan

Sabtu, 31 Oktober 2015 - 18:05 | 568.23k
Mangga Alpukat, mangga khas Kabupaten Pasuruan yang dibuka dengan cara diputar seperti alpukat, Sabtu (31/10/2015) (Foto: Andi Hartik/pasuruantimes)
Mangga Alpukat, mangga khas Kabupaten Pasuruan yang dibuka dengan cara diputar seperti alpukat, Sabtu (31/10/2015) (Foto: Andi Hartik/pasuruantimes)

TIMESINDONESIAPASURUANTIMES - Jika anda berkunjung ke Kabupaten Pasuruan, belum lengkap rasanya jika tidak merasakan Mangga Alpukat. Sebab, mangga khas Kabupaten Pasuruan itu mempunnyai keistimewaan tersendiri dibanding dengan mangga-mangga lainnya.

Salah satu keistimewaan mangga khas Kabupaten Pasuruan itu adalah terletak pada kondisi matangnya mangga. Mangga yang dibiarkan matang di pohon membuat isi mangga tersebut minim serat.

Alhasil, mangga bisa dinikmati dengan hanya mengiris bagian tengah lalu dibelah seperti alpukat. Karena bisa dibelah seperti alpukat itulah membuat mangga itu  disebut dengan nama mangga alpukat.

Tidak hanya itu, mangga yang mempunyai nama asli mangga gadung atau mangga harum manis itu juga mempunyai rasa yang khas karena mangga dibiarkan matang di pohon.

"Ini bisa dibuka dengan diputar dan tidak hancur. Karena ini mateng dari pohon. Bukan mateng pakai karbit (alat pematang buah)" kata Sulis, penjual mangga alpukat di Desa Oro-oro Ombo Wetan, Kecamatan Rembang, Kabuapaten Pasuruan, Sabtu (31/10/2015)

Dikatakan Sulis, pemasaran mangga tersebut sudah mencapai pasar luar negeri. Meski begitu, pemasaran ke luar negeri itu tidak dilakukannya sendiri. Melainkan dilakukan oleh salah satu tengkulak di Surabaya.

"Saya setiap hari kirim ke Surabaya. Kirimnya itu bisa sampai lima kwintal per hari," jelasnya.

Meski begitu, pihaknya juga melayani bagi pembeli yang datang ke rumahnya. Sebab, pembeli yang datang langsung ke rumahnya tidak kalah banyaknya. Sehari, Sulis bisa menjual hingga satu kwintal mangga.

Meski laris, mangga miliknya itu harganya sudah berangsur turun. Jika diawal musim bisa tembus harga Rp 32 ribu per kilogram, kali ini untuk mangga kualitas A hanya dihargai Rp 20 ribu. Sementara mangga dengan kualitas B dihargai dengan Rp 15 ribu dan mangga dengan kualitas C dihargai dengan kualitas Rp 10 ribu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES