Kesehatan

Kentut Anda Bau? Atasi dengan Cara Ini

Senin, 19 Oktober 2015 - 05:46 | 124.28k
Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebenarnya kentut merupakan proses alami yang wajar. Dalam frekuensi normal, kentut adalah hal yang sehat, karena menandakan jika sistem pencernaan sehat. Namun jika kentut yang keluar mengeluarkan bau busuk pasti akan sangat mengganggu. Anda yang ingin agar kentut tidak bau bisa mencoba cara ini.

1. Kurangi makanan yang memicu gas di perut
Kacang-kacangan dan umbi-umbian dapat memicu gas di perut. Termasuk sayuran seperti brokoli, kubis, kecambah dan kembang kol sebaiknya dibatasi jika Anda sedang mengalami perut kembung. Alkohol dan minuman bersoda juga dapat membuat Anda menjadi  lebih sering kentut dan berbau.

2. Hindari produk susu
Jika Anda termasuk yang tidak toleran terhadap laktosa yang terdapat pada susu, sebaiknya Anda menghandari produk susu. Karena ini juga bisa membuat Anda lebih sering kentut dengan bau yang busuk.

3. Rajin berolahraga
Olahraga teratur dapat membantu meringankan chronic intestinal gas, yaitu penyebab kentut yang berlebihan dan berbau busuk. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti jalan kaki dan yoga, yang dapat membantu kerja sistem pencernaan menjadi sehat, sehingga tidak menghasilkan gas yang berlebihan.

4. Perhatikan kebiasaan makan
Kebiasaan makan yang buruk juga dapat mengakibatkan menumpuknya gas didalam perut, seperti kebiasaan mengunyah makanan yang kurang baik. Sebaiknya kunyahlah makanan dengan perlahan, mulut tertutup, tidak dengan gigitan besar dan tidak bicara saat makan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES