Kesehatan

Payudara Indah, Perhatikan Hal Ini

Sabtu, 17 Oktober 2015 - 23:17 | 149.27k
Foto : googleimage
Foto : googleimage

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA , JAKARTA - Payudara sebagaimana anggota tubuh lain, sangat penting untuk selalu diperhatikan. Bagian tubuh sensitive ini bahkan termasuk aset cewek yang wajib kita jaga. Banyak hal yang membuat payudara makin tua usia seseorang semakin ‘tak beraturan’. 

Biasanya, semakin tua, payudara berpotensi kendur dan semakin banyak membutuhkan perhatian.  Hal itu dilakukan agar payudara tetap indah sekaligus sehat. Untuk menjaga asset berharga itu, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal sebagaiman dipublikasikan citacinta.co.id berikut ini :
 

1.    Hati-hati Pilih Bra

Walaupun ini nampak sepele, namun yakinlah pemilihan bra ini masalah penting. Bahkan salah pilih berpotensi akan menimbulkan masalah baru. Oleh karena itu pastikan bra yang kita gunakan ukurannya pas, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. 

Sebelum membeli bra, kita wajib untuk mencobanya terlebih dahulu. Sebaiknya hindari juga menggunakan bra saat tidur. Biarkan payudara ruang untuk bernapas selama kita tidur.

2.    Batasi Konsumsi Alkohol 

Berdasarkan penelitian Breast Cancer Care, satu unit alkohol meningkatkan resiko kanker payudara sekitar 10%. Alkohol bisa mempengaruhi tingkat hormon estrogen di dalam tubuh. Hormon itu diketahui bisa mendorong pertumbuhan jumlah sel kanker.

Jika karena satu dan lain hal Anda terpaksa menikmati alcohol, kontrol diri Anda untuk tetap sadar akan efek buruk yang luar biasa akibat mengkonsumsi alkohol.

3.    Konsumsi Kale

Ada beberapa makanan yang bisa mencegah kanker payudara, seperti brokoli, ikan, apel, bawang putih, dan kale. Kale mengandung lemak yang rendah, dan kaya fiber. Poin plusnya, tubuh jadi jauh lebih sehat.

4.    Cek Kesehatan 

Wanita berumur 20-an dan 30-an harus rutin memeriksakan payudara, setidaknya satu kali dalam tiga tahun. Nah, ketika kita beranjak berusia 40-an, kita wajib melakukan USG dan mamografi setiap tahun, sehingga saat ada yang tidak beres pada payudara kita, langsung cepat terdeteksi.

5.    Rutin Berolahraga

Sudah tidak diragukan lagi olahraga membuat tubuh lebih sehat. Menurut penelitian University of London, wanita yang selalu rutin berolahraga dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. Rutin berolahraga ini setidaknya sekitar 150 menit setiap minggu.

6.    Deteksi Dini Kanker

Kita wajib menyadari saat ada yang tidak beres pada payudara kita, termasuk area puting. Lakukan gerakan sadari paling tidak sekali setiap bulan. Cara ini memungkinkan kita bisa langsung melihat tanda-tanda jika terjadi keanehan pada payudara.(*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES