Kesehatan

Tidak Hanya Lezat, Coklat Bisa Cegah Kanker

Sabtu, 17 Oktober 2015 - 06:04 | 40.65k
Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Coklat bukan hanya sekedar makanan manis dengan tekstur lembut. Kelezatan coklat ternyata menyimpan beragam manfaat. Coklat dengan kandungan kakao (biji coklat) lebih dari 70% juga memiliki manfaat untuk kesehatan, karena coklat kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid.

Antioksidan ini mampu menangkap radikal bebas dalam tubuh. Besarnya kandungan antioksidan dalam coklat ini bahkan 3 kali lebih banyak dari teh hijau, minuman yang selama ini sering dianggap sebagai sumber antioksidan.

Fenol yang ada dalam coklat mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan juga berguna untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi.

Kakao sebagai bahan utama pembuatan coklat, merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Kekurangan magnesium dapat hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit persendian dan masalah bulanan wanita yaitu pra menstruasi (PMS).

Dengan makan coklat bisa menambah magnesium dalam asupan gizi harian. Magnesium ini juga menyebabkan kadar progesteron pada wanita meninggkat sehingga dapat mengurangi efek negatif dari PMS. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES