Kesehatan

Waspada, Menikah Dini Rawan Munculkan Kanker Serviks

Jumat, 16 Oktober 2015 - 07:15 | 42.14k
Menikah dini berisiko munculkan kanker serviks (Foto: klikdokter)
Menikah dini berisiko munculkan kanker serviks (Foto: klikdokter)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengingatkan pada masyarakat akan bahaya menikah pada usia sangat muda, terutama berhubungan dengan risiko kanker serviks atau leher rahim.

"Menikah pada usia yang terlalu muda dapat menyebabkan kanker leher rahim," terang Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty dalam acara Capacity Building Orangtua Hebat bagi Master Trainer BKB Kabupaten dan Kota di Jakarta pada Kamis (15/10/2015).

Menurutnya, peningkatan risiko tersebut disebabkan sel-sel mukosa pada serviks perempuan berusia di bawah 16 tahun belum matang. Untuk itu, menikah di usia sangat muda sebaiknya dihindari. "Idealnya usia menikah bagi wanita adalah 21 tahun dan 25 tahun untuk pria," imbuhnya.

Demi meningkatkan kesadaran masyarakat, BKKBN bakal terus melakukan sosialisasi hal tersebut di antaranya melalui program generasi berencana (GenRe) yang mengajak anak muda untuk menghindari pernikahan dini dan menjaga kesehatan reproduksi.

Tak hanya itu, sosialisasi juga ditargetkan pada para orang tua untuk bisa meneruskan pesan tersebut kepada anak-anak mereka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES