Peristiwa

Peringati Tahun Baru Islam, Para Santri Ini Do'akan Keselamatan Indonesia

Kamis, 15 Oktober 2015 - 09:43 | 56.65k
Sejumlah santri saat menggelar pawai keliling desa. (foto: Mahrus Sholih/JemberTimes)
Sejumlah santri saat menggelar pawai keliling desa. (foto: Mahrus Sholih/JemberTimes)

TIMESINDONESIAJEMBERTIMES - Selalu banyak cara untuk memperingati hari besar keagamaan. Seperti yang dilakukan sejumlah santri Taman Pendidikan AlQur'an (TPQ) At Thohiriyah, Desa Keting Kecamatan Jombang. Pada Kamis (15/10/2015) pagi, seratusan santri diajak pawai ta'aruf keliling desa untuk menggaungkan tahun baru islam 1 Muharram 1437 H, yang bertepatan dengan hari Rabu 14 Oktober, kemarin.

Setelah bekeliling desa menggunakan sepeda, para santri diajak untuk melakukan istighozah, yakni sebuah ritual do'a bersama untuk meminta keselamatan kepada Tuhan. Istighozah itu ditujukan agar dalam menjalani tahun baru ini seluruh umat islam dan bangsa Indonesia diberi keselamatan serta terhindar dari segala musibah maupun bencana alam. 

"Selain kepada santri, kami juga ingin membiasakan masyarakat desa kami untuk memperingati tahun baru islam. Jadi tak hanya tahun baru masehi saja, warga ikut euforia, terutama bagi kawula mudanya," ujar Fahrur Rozi, ustadz TPQ setempat.

Rozi bersyukur, dalam beberapa tahun terakhir, umat islam di Indonesia mulai merayakan tahun baru secara demonstratif. Meski demikian dia meminta, agar peringatan tahun baru islam tak hanya dilakukan secara seremonial semata, melainkan juga dibumbui dengan aktifitas kontemplatif yang mampu menumbuhkan spiritualitas umat. 

"Oleh karena itu, istighozah ini kami lakukan agar para santri memahami jika perayaan tahun baru islam harus dilakukan dengan cara-cara islami pula. Selain juga mengasah kepekaan sosial santri dengan cara mendo'akan keselamatan sesama muslim dan seluruh bangsa di Indonesia," pungkas Rozi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES