Peristiwa

Pembangunan Pabrik Gula di Madura Masih Simpang Siur

Selasa, 29 September 2015 - 20:38 | 35.36k
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pamekasan, Ajib Abdullah. (Foto: Alhafid Rahmana/maduratimes)
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pamekasan, Ajib Abdullah. (Foto: Alhafid Rahmana/maduratimes)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, MADURA - Rencana PTPN X untuk membangun pabrik gula di Kabupaten Pamekasan, masih simpang siur. Simpang siurnya rencana itu karena sampai saat ini masih belum ada kepastian dari pihak PTPN X. Meskipun sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno menegaskan akan membangun enam perusahaan gula di Madura.

Kepala Dinas Kehutanan Perkebunan Pemkab Pamekasan, Ajib Abdullah menjelaskan, PTPN X sampai saat ini masih dalam proses kajian untuk mendirikan perusahaan. Entah sampai di mana hasil kajiannya, Pemkab Pamekasan masih belum mendapat laporan perkembangannya.

"Saya tidak berani memastikan kapan pabrik gula itu akan dibangun meskipun Menteri BUMN sudah memberikan ketegasan," terang Ajib Abdullah, Selasa (29/9/2015).

Ditambahkan Ajib, informasi yang sempat beredar jika pabrik gula akan dibangun di wilayah utara, belum juga ada kepastian. Di Pamekasan sendiri, sudah berkembang informasi bahwa akan ditempatkan di Desa Batu Kerbuy, Kecamatan Pasean. Bahkan Bupati Pamekasan bersama instansi terkait, sudah beberapa kali survey ke lokasi. Termasuk infrastruktur lainnya sebagai penunjang pembangunan pabrik gula.

"Kalau di Desa Batu Kerbuy masih sebatas wacana. Buktinya sampai sekarang belum dibangun," tegas Ajib.

Saat ini, imbuh mantan Kepala Bagian Pembangunan ini, Pemkab Pamekasan hanya terus mendorong petani agar meningkatkan volume penanaman tebu. Sebab yang menjadi sebagian persyaratan pembangunan pabrik gula, yakni adanya 50 ribu hektar lahan tebu se Madura.

"Untuk Pamekasan masih ada 8.000 hektar dan akan terus ditambah sampai 22.000 sesuai dengan potensi lahan yang ada. Sisanya akan disuport dari tiga Kabupaten lainnya di Madura," ujar Ajib. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Satria Bagus

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES