Ekonomi

Perekonomian Meningkat Dua Persen dari Sektor UKM

Kamis, 20 Agustus 2015 - 14:51 | 48.34k
Usaha Kecil Menengah (UKM) berbahan dasar rotan. (foto: googleimage)
Usaha Kecil Menengah (UKM) berbahan dasar rotan. (foto: googleimage)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Managing Director PT Deloitte Konsultan Indonesia, Claudia Lauw mengatakan digitalisasi proses bisnis Usaha Kecil Menengah mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian.

Digitalisasi UKM yang melibatkan kemajuan ilmu dan teknologi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor usaha mikro sebesar dua persen setiap tahunnya.

"Pencapaian ini hasil dari studi kami melalui berbagai penelitian untuk membantu para UKM dalam menjalankan bisnisnya," kata Claudia dalam diskusi bisnis di Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Claudia juga menjelaskan teknologi sangat berperan penting dalam menjalankan usaha bisnis. Lebih dari 80 persen UKM di Indonesia telah menggunakan teknologi untuk menjalankan usaha mereka.

Claudia mengatakan, menurut data yang ada sekitar 18 persen pelaku usaha benar-benar menggunakan teknologi seperti internet dan aplikasi-aplikasi pendukung dalam menjalankan bisnisnya. Sembilan persen di antaranya langsung bergantung pada jejaring sosial dan 'e-commerce'.

"Peran penting dari 'e-commerce' serta teknologi berbasis internet adalah dalam memanfaatkan hal tersebut sebagai media utama dalam mempromosikan usaha," kata Claudia.

Dengan adanya kemajuan teknologi dan semakin banyaknya pelaku UKM yang sadar teknologi, Ia berharap pelaku UKM bisa mencapai hasil maksimal dan bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES