Ekonomi

Diangkut ke Luar Daerah, Harga Beras di Bojonegoro Naik

Sabtu, 15 Agustus 2015 - 17:03 | 37.53k
Harga beras naik di Bojonegoro (foto: Liputan6)
Harga beras naik di Bojonegoro (foto: Liputan6)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, BOJONEGORO - Harga beras berbagai jenis di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dilaporkan naik. Hal itu disebabkan adanya pedagang dari luar daerah yang memborong beras di kawasan tersebut.

Menurut Sakip, salah satu pedagang beras di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro pedagang yang mengangkut beras lokal tersebut berasal dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat.  Karenanya harga beras di Bojonegoro terus merangkak naik sejak dua pekan lalu dan kini rata-rata sudah naik Rp 600 per kilogram.

"Banyak pedagang dari berbagai kota dari Jawa Barat, juga Jawa Tengah yang melakukan pembelian beras, sehingga harga beras terus merangkak naik," tuturnya Sabtu (15/8/2015).

Ia menambahkan jika pedagang luar daerah tersebut melakukan pembelian besar-besaran di Bojonegoro karena panen padi di daerah mereka sendiri tak maksimal.

Selain diborong ke luar daerah, faktor lain yang diduga membuat harga beras naik adalah turun langsungnya Bulog melakukan pembelian beras premium.  "Petugas Bulog Subdivre III melakukan pembelian beras kualitas premium langsung terjun di penggilingan padi," terang Waris, pedagang beras lainnya di lokasi yang sama.

Kenaikan harga beras itu tak pelak membuat para pedagang tak mau ambil resiko mengambil barang dalam jumlah banyak. Jika kondisi normal mereka biasanya membeli 6-8 ton per hari, saat ini mereka hanya berani membeli  4 ton saja per hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES