Olahraga Times Indonesia 9

10 Olahraga Yang Cocok Bagi Wanita Karir

Rabu, 13 Mei 2015 - 10:21 | 707.34k
FOKUS

Times Indonesia 9

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Di era globalisasi ini telah membuka ruang gerak yang bebas bagi perempuan untuk beraktivitas di luar rumah. Salah satunya ialah bekerja, kini wanita banyak memilih kehidupan berkarir selain berumahtangga.

Peran ganda yang dijalankan tentu menghabiskan banyak tenaga dan pikiran. Sehingga, kelelahan pun sering dialami sebagian besar wanita karir. Cara menjaga kebugaran tubuh selain mengatur pola makan, juga berolah raga. Olah raga berfungsi untuk menunjang kinerja jantung lebih efektif, melancarkan sirkulasi darah, dan mengencangkan otot.  Bagi wanita karir, olah raga juga menjaga performa diri.

Sayangnya, tidak cukup waktu banyak dimiliki wanita karir untuk berolah raga di sela kesibukan. Namun, ada beberapa olah raga yang tetap bisa dijalankan wanita karir. Berikut Times Indonesia menyajikan sepuluh olah raga yang cocok bagi wanita karir.

1. Yoga

Menurut Devi Asmarani, guru yoga di Jakarta, yoga bersifat holistik sebab melibatkan spiritual, pikiran lebih terkontrol, jiwa lebih tenang dan damai. Selain membugarkan tubuh, juga pikiran. Karena, yga mengajak seseorang untuk lebih sadar pada dirinya. Fokus pada napas dan badan sendiri, sehingga kemungkinan cedera rendah.

Yoga juga bekerja dari dalam hingga ke luar tubuh, mulai organ jantung, paru-paru, pencernaan, dan lainnya. Selain itu juga, yoga menyentuh jiwa atau mental karena mengutamakan konsentrasi. Sehingga, wanita karir yang super sibuk dapat mencoba yoga, yang bisa menyeimbangkan kesehatan tubuh dan pikiran.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

2. Berenang

Berenang membutuhkan seluruh badan bergerak. Hamper sama manfaatnya dengan stretching. Berenang cocok untuk wanita karir karena air bisa memberikan efek rileks atau relaksasi lebih pada tubuh. Tak membutuhkan waktu lama untuk olah raga satu ini, wanita karir bisa langsung mandi dan berangkat bekerja.

Tidak hanya meregangkan otot kaku dan meredam stress saja, berenang juga bisa membentuk tubuh ideal secara alami. Berenang sepulang aktivitas kerja direkomendasikan bagi pecinta renang.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

3. Pilates

Pilates masih menjadi jenis olah raga popular saat ini. Manfaat yang bisa diambil yakni meregangkan dan memanjangkan otot untuk membentuk tubuh ideal atau indah tanpa harus beraktivitas terlalu keras. Lah raga yang dikembangkan oleh Joseph Pilates sejak abad ke-20 itu focus pada kelenturan seluruh bagian tubuh.

Khususnya bagi wanita yang tidak bisa terlalu aktif berolah raga. Sehingga, olah raga ini cocok bagi wanita karir yang tidak sempat berolah raga yang menghabiskan banyak keringat dan terlalu keras, yang dapat menyebabkan kelelahan berlebih pada sendi.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

4. Jogging

Saat wanita karir bangun lebih pagi, dan menyempatkan jogging di sekitar rumah penuh dengan tanaman hijau, menjadi nilai tambah tersendiri. Jogging sangat baik bagi tubuh karena memberikan rasa aman dan menyenangkan. Setidaknya, setiap bangun pagi, sempatkan satu jam untuk berlari keliling kompleks rumah.

Dengan cara tersebut, tidak aka nada lagi excuse untuk membuka laptop di ruang terbuka. Selain itu juga, jogging memperlancar sosialisasi wanita karir dengan tetangga atau masyarakat sekitar. Hubungan sesame manusia pun tetap terjaga.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

5. Fitness

Pilihan ini tepat bila fitness center dekat dengan tempat kerja wanita karir. Tidak ada salahnya di tengah kesibukan mampir untuk beraktivitas fitness tidak lebih dari satu jam. Wanita karir bisa mengunjungi fitness center sepulang kantor. Fitness dapat dilakukan setiap dua hari sekali. Sehingga, tubuh tetap bugar walaupun sibuk.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

6. Stretching

Jenis olah raga ini cocok bagi wanita karir yang benar-benar tidak bisa meluangkan waktu untuk berolah raga. Stretching bisa dilakukan saat bangun pagi, istirahat makan siang dan malam hari. Masing-masing selama 20 meit dengan kombinasi gerakan yang bisa ditentukan sendiri.

Bahkan, akan lebih baik bila wanita karir membiasakan stretching bersama teman-teman kantor, di sela istirahat kantor atau saat hendak memulai aktivitas kerja di pagi hari. Stretching juga bisa dilakukan saat touch up make up di toilet atau selepas ibadah rutin bagi salah satu agama.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

7. Spinning

Spinning merupakan salah satu jenis olah raga latihan kardio, dengan cara mengayuh sepeda statis. Mampu membakar 500 kalori per sesi. Selain itu bermanfaat untuk menguatkan bagian bawah tubuh (bokong, pinggul, paha, kaki).

Spinning bisa mempercepat ritme detak jantung dan melancarkan sirkulasi darah. Bagi wanita karir yang memiliki penyakit jantung, tidak disarankan melakukan olah raga ini, sama halnya dengan fitness. Olah raga ini membutuhkan tenaga dan kondisi tubuh prima, bagi pemula disarankan melalui level paling bawah dulu.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

8. Squats

Squats membuat seluruh tubuh yang bekerja lebih dari satu kelompok otot. Latihan ini menguatkan otot bkong, dan tubuh serta membakar banyak kalori. Untuk membakar lebih banyak kalori, bisa dilakukan squat jump.

Bagi pemula sebaiknya mencoba untuk menahan saat jongkok isometric dinding beberapa waktu.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

9. Push Up

Push up bermanfaat untuk memperkuat otot-otot di bahu dan lengan. Memulainya sederhana , lakukan push up sederhana, cukup meletakkan lutut di lantai dan setelah lebih kuat, baru bisa memilih variasi yang sulit.

Wanita karir bisa melakukannya setiap bangun pagi, cukup selama 15 menit, kemudian langsung melakukan aktivitas rutin biasanya.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

10. Bersepeda

Hampir sama dengan spinning, bermanfaat untuk menguatkan kaki, lengan, dan punggung. Dan, mendorong organ jantung agar bekerja lebih aktif dan efisien, juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Bersepeda bisa dijadikan pilihan alternatif bila bosan melakukan jogging dan spinning. Bersepeda juga tak menghabiskan biaya banyak serta menjaga hubungan bermasyarakat wanita karir yang disibukkan dengan urusan kerja.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

Sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak berolah raga, ‘kan? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES