Otomotif

Honda Produksi Pesawat Jet

Jumat, 24 April 2015 - 10:55 | 156.63k
Pesawat buatan Honda. (Foto: IndiaTimes)
Pesawat buatan Honda. (Foto: IndiaTimes)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, TOKYO –  Impian pendiri Honda, Michimasa Fujino, untuk menciptakan pesawat jet berlaju cepat, tenang, dan ramping, akhirnya terwujud. Ya, produsen otomotif itu kini Honda terjun di bisnis penerbangan.

Honda membuat pesawat jet tipe N420HE. Jet berkapasitas 6-7 orang ini dijual mulai harga US $ 4,5 juta. Setelah memenuhi standar keamanan, Kamis (23/4) siang waktu Tokyo, pesawat ini diluncurkan di Bandara Tokyo Haneda.

Honda mengincar pasar Eropa dan Amerika Serikat. Meski baru diluncurkan, Honda sudah mendapat 100 pesanan. ’’Produksi masal akan dimulai akhir tahun ini,’’ ujar seorang pejabat Honda.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

Sebelum meninggal, Fujino pernah mengungkapkan bahwa potensi pasar di Cina dan Asia sangat bagus untuk industri penerbangan. Ia memprediksi pasar itu akan terus permintaan meningkat pada tahun 2020, menyalip Amerika Selatan.

Ia menambahkan bahwa para pejabat sebaiknya menggunakan pesawat jet untuk menghemat waktu dalam menjalankan dinas kenegaraan yang penting. Selain itu, jet merah putih itu hemat bahan bakar dan mencapai ketinggian yang ingin dicapai. Teknologinya setara dengan Cessna dari AS dan Embraer dari Brasil.

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

Pengembangan Honda Jet dimulai sejak 1986, sebelum kematian pendirinya pada 1991. Salvatore Ferragamo, desainer pesawat, memilih desain minimalis berbentuk seperti lumba-lumba, dengan pemilihan paduan warna merah dan putih. Selama karir perusahaan, Honda juga telah memproduksi kapal, mesin pemotong rumput, skuter, dan robot Asimo.

Presiden Honda sekarang, Takonobu Itu, impian memenuhi kebutuhan mobilitas pribadi di langit akhirnya terealisasi, dan peluncuran jet itu simbolnya. (*)

Berita Indonesia Terbaru Hari Ini

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Times of india

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES