Kesehatan

7 Alasan Seseorang Harus Bangun Lebih Awal

Rabu, 22 April 2015 - 01:15 | 94.15k
Ilustrasi.(Foto: Sidomi)
Ilustrasi.(Foto: Sidomi)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap orang sangat ingin bisa bangun lebih awal, terutama bagi mereka yang memiliki segudang aktivitas. Sayangnya, hanya sedikit orang berhasil melakukannya. Banyak studi terbaru yang mencatat adanya hubungan antara pola produktivitas dan tidur. Seseorang yang bangun pagi lebih produktif dan dapat melakukan kegiatan lebih baik daripada yang lain.

Tentu saja bangun pagi satu jam lebih awal sangat bermanfaat untuk mempersiapkan jadwal harian seseorang yang sibuk. Bangun pagi yang diperoleh dari pola tidur lebih awal membuat tubuh lebih bugar. Tidur lebih awal baik untuk perbaikan pikiran dan kulit seseorang. Kurang tidur dapat mengganggu produktivitas tubuh, termasuk kesehatan dan kulit. Berikut merupakan alasan-alasan agar seseorang bangun pagi.

1. Bangun pagi membantu seseorang memulai hari penuh antusiasme

Saat seseorang terlambat, akan cenderung panik dan tergesa-gesa agar sampai ke kantor. Sebaiknya, menghindari hal itu dengan bangun satu jam lebih awal.

2. Bisa melakukan aktivitas lain atau pergi keluar

Salah satu hal terbaik saat bangun pagi, seseorang bisa melakukan kegiatan lain sebelum memulai bekerja atau kuliah. Misalnya pergi ke tempat gym untuk berolahraga atau sekedar jogging di sekitar komplek rumah, bisa juga membaca koran sembari menikmati sarapan pagi dengan tenang.

3. Memiliki kualitas belajar yang lebih baik

Bagi seseorang yang masih menempuh studi formal, performa dalam belajar akan lebih baik dibandingkan mereka yang suka begadang.

4. Kualitas tidur yang lebih baik

Studi menunjukkan bahwa bangun pagi sama halnya menikmati kualitas tidur yang lebih baik. Prduktivitas seseorang ditentukan oleh kualitas tidur.

5. Waktunya sarapan pagi

Seseorang yang bangun pagi tidak akan melewatkan sereal paginya, jika memiliki waktu yang cukup. Hal itu bisa meyakinkan seseorang untuk bangun pagi lebih awal.

6. Cocok bagi seseorang yang menyukai keheningan pagi

Bagi seseorang yang menyukai keheningan saat pagi, sudah barang tentu akan bangun lebih awal. Mengawali hari bisa dengan cara bermeditasi, agar pikiran menjadi damai dan memberikan kekuatan untuk mencapai lebih banyak hal penuh semangat.

7. Memiliki waktu perencanaan lebih baik

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang bangun pagi lebih awal memiliki kemampuan merencanakan sesuatu lebih baik. Karena akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan sesuatu dan berencana terhadap suatu hal dengan baik.

Bagaimana menurut Anda? Tidak ada alasan lagi untuk bangun terlambat, kan? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Satria Bagus
Sumber : Boldsky

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES