Kesehatan

10 Manfaat Utama Daun Jambu Biji

Rabu, 22 April 2015 - 00:21 | 74.82k
Ilustrasi. (Foto: Google Images)
Ilustrasi. (Foto: Google Images)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Fakta mengungkapkan bahwa daun jambu biji lebih berkhasiat daripada buahnya. Daun jambu biji mengandung banyak antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain menyehatkan daun jambu biji juga mampu menyembuhkan penyakit seperti diare dan membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat daun jambu biji bagi kesehatan.

1. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat utama daun jambu biji ialah membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Saat seseorang mengkonsumsi jus yang terbuat dari daun jambu biji, pati kompleks akan diubah menjadi gula.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Merupakan minuman atau tonik untuk hati seseorang. Bila rutin mengkonsumsi jus ini akan membantu menurunkan kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kolesterol baik dalam tubuh.

3. Mencegah diabetes

Jika seseorang memiliki riwayat diabetes, maka cara termudah untuk mencegahnya ialah minum teh daun jambu secara teratur. Teh ini secara efektif dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh seseorang, dengan mengurangi enzim alpha-glocosidease. Teh ini bermanfaat membantu penurunan kadar gula darah tanpa meningkatkan prduksi insulin dalam tubuh.

4. Membantu penyembuhan diare

Manfaat lain daun jambu biji ialah membantu penyembuhan diare atau sakit perut lainnya. Dengan menambahkan daun dan akar jambu biji ke dalam secangkir air mendidih. Saring air dan konsumsi saat perut kosong akan membantu penyembuhan dengan cepat.

5. Membantu proses pencernaan

Teh yang terbuat dari jambu biji menyehatkan. Karena, membantu proses pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan. Mengkonsumsi sari teh daun atau jus, juga mencegah diri dari keracunan makanan.

6. Mengobati masalah mulut atau oral

Khasiat lain daun jambu biji adalah dapat mengobati sakit gigi, sakit tenggorokan dan penyakit gusi. Anda dapat menghaluskan daun menjadi pasta dan menempelkannya ke gusi dan gigi untuk membantu penyembuhan.

7. Perawatan untuk demam berdarah

Manfaat terpenting lainnya ialah mengobati pasien yang menderita demam berdarah. Jus daun jambu biji membantu penurunan demam dan membunuh segala jenis kuman dalam tubuh.

8. Mencegah kanker prostat

Selain itu, khasiat selanjutnya dapat mencegah kanker prostat. Kandungan daun jambu biji merupakan obat terbaik untuk jenis kanker pada pria.

9. Baik untuk produksi sperma

Mengkonsumsi teh daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria.

10. Mengobati segala jenis alergi

Daun jambu biji juga membantu dalam mengobati segala jenis alergi. Senyawa yang terkandung dalam daun ini mencegah pelepasan histamine yang merupakan penyebab utama alergi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Satria Bagus
Sumber : Boldsky

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES