Wisata

Daya Tarik Sumber Biru di Singosari, Kab. Malang

Senin, 13 April 2015 - 21:58 | 580.38k
Suasana Sumber Biru di Desa Gunungrejo, Singosari, Kab. Malang. (Foto: Google Images)
Suasana Sumber Biru di Desa Gunungrejo, Singosari, Kab. Malang. (Foto: Google Images)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, MALANG - Sumber Biru merupakan salah satu dari banyaknya potensi wisata alam di Kabupaten Malang yang harus dikembangkan. Sumber Biru ini tepatnya terletak di tepi sungai Klampok, Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Keindahan alam dan latar belakang sejarah yang melekat mungkin menjadi daya tarik Sumber Biru.

Sumber Biru ini dahulu adalah sebuah mata air yang mengeluarkan gumpalan-gumpalan air yang berwarna biru seperti tinta. Ceritanya, di sumber air inilah Empu Gandring mensucikan keris buatannya. Semua senjata kerajaan harus disucikan di Sumber Biru terlebih dahulu sebelum dikirab ke seluruh kawasan kerajaan.

Proses mensucikan senjata ini tidak sembarangan. Penyucian senjata kerajaan harus melalui dua kali proses, yang pertama senjata direndam ke dalam mata air yang disakralkan, yaitu Banyu Biru. Setelah itu, senjata kerajaan disucikan ke petirtaan Sumber Nagan.

Pemandangan di Sumber Biru khas dengan suasana alam yang sejuk. Pohon-pohon yang hijau, kicauan burung yang bersahutan menyegarkan pikiran dari berbagai kesibukan. Gemericik air menambah terasa suasana yang sangat nyaman. Penat dan kejenuhan akan hilang melihat suasana yang asri di Sumber Biru.

Nilai historis situs ini membuatnya tetap diminati beberapa pengunjung meskipun tidak tertata dengan baik. Tempat keramat tersebut memang selalu dijadikan tempat berdoa, hususnya bagi mereka yang mempunyai hajat. Pengunjungnya tidak hanya dari warga sekitar, tetapi juga wisatawan dari luar Malang. Kabarnya sejumlah pejabat juga sering mendatangi kedua situs ini untuk melakukan beberapa ritual.

Lokasi Sumber Biru memang agak terpencil, namun tidak jauh dari jalan raya menuju Dusun Kreweh, Desa Gunungrejo. Mencapai lokasi Sumber Biru bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau ojek. Namun, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu jika ingin sampai tepat di Sumber Biru. Namun, tempat ini belum dirawat dan dikelola dengan baik. Jika ada pengelolaan lebih baik, maka tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata alam di Kabupaten malang.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : SuaraDesa

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES