Wisata

Sumber Sirah, Potensi Tersembunyi Gondanglegi, Kabupaten Malang

Sabtu, 11 April 2015 - 16:30 | 378.84k
Potensi wisata baru Desa Goondanglegi Kabupaten Malang (Foto: google images)
Potensi wisata baru Desa Goondanglegi Kabupaten Malang (Foto: google images)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, MALANG – Satu lagi potensi alam dari kabupaten Malang tepatnya di Desa Sumber Jaya. Mungkin dari namanya belum terlalu akrab ditelinga. Sumber Sirah? Tempat wisata apa? Di mana? Pasti itu pertanyaan yang akan muncul mendengar "Sumber Sirah". Tentu saja banyak yang belum tahu karena memang Sumber Sirah merupakan sebuah destinasi baru bagi kalangan masyarakat khususnya Malang Selatan.

Sumber Sirah adalah sebuah wisata pemandian atau wisata air tawar yang sangat jernih. Sumber Sirah ini terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Disana bisa berenang dan melihat pemandangan bawah air yang ditawarkan. Memang bukanlah terumbu karang layaknya di dasar laut, tapi di Sumber Sirah pengunjung dapat melihat pemandangan dasar air tawar yang tak kalah indah, meskipun hanya berupa rerumputan, tapi masih terjaga kelestariannya dan belum rusak.

Airnya di Sumber Sirah sangat jernih dan di dasar sumber air ini ada tanaman tanaman kecil sejenis ganggang yang berwarna hijau dengan pasir hitam halus, batu-bebatuan kecil dan dihiasi ikan-ikan kecil. Karena  jernihnya air di sumber sirah ini, ketika masih berada di permukaan, tumbuhan-tumbuhan ganggang kecil dan ikan-ikan kecil terlihat sangat jelas dari permukaan. Menuju Sumber Sirah, pengunjung akan ditemani hamparan kebun tebu dan kelapa milik warga sekitar.

Keindahan Sumber Sirah belum disertai dengan fasilitas umum seperti toilet maupun tempat ganti. Disana hanya ada orang yang berjualan minuman dan penyewaan ban saja. Namun, jika tempat ini semakin ramai dikunjungi tidak menutup kemungkinan akan dibangun fasilitas umum. Dengan pengelolaan yang baik, Sumber Sirah juga bisa mendatangkan manfaat untuk Desa Sumber Jaya.

Akses jalan menuju Sumber Sirah jika ditempuh dari Kota Malang bisa mengambil arah menuju Bululawang, kemudian menuju arah Pabrik Gula Krebet lurus sampai Pabrik Pioneer. Akses menuju ke Sumber Sirah memang tidak memiliki petunjuk. Setelah sampai di Pabrik Pioneer disarankan untuk sering bertanya ke penduduk sekitar. Pengunjung disarankan menggunakan kendaraan roda dua jika ingin menuju Sumber Sirah.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : SuaraDesa

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES