Kuliner Tips Menjaga Kesehatan

Jaga Diri dari Makan Siang ‘Jahat’!

Rabu, 28 Januari 2015 - 14:27 | 65.51k
Makanan berlemak. Foto: Malangtimes.com
Makanan berlemak. Foto: Malangtimes.com
FOKUS

Tips Menjaga Kesehatan

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, Malang - Bagi orang kantoran, makan siang biasanya akan didapat dari jatah kantor atau membeli di kantin-kantin terdekat. Namun, makanan yang disajikan tentu mengandung resiko tertentu yang membahayakan kesehatan pencernaan.

Karena makanan dari catering kantor atau kantin dimasak secara massal, Anda lebih banyak mendapat resiko mengkonsumsi kalori dab minyak jahat. Nah, jika hal ini memang tidak bisa dihindari, berikut Malangtimes coba berikan tips dikutip dari berbagai sumber, untuk mensiasati menu makan siang yang bisa Anda terapkan. Simak ya!

Langkah pertama, pilihlah menu yang tepat. Hindari jenis makanan yang digoreng, untuk menghindari kalori dan lemak dalam jumlah banyak.

Pilih jenis protein yang rendah lemak (lean protein).

Jika tersedia, pilih jenis sup bening dan konsumsilah sebelum makanan utama. Konsumsi sup bening sebelum makan siang dapat membantu menurunkan jumlah asupan kalori total.

Perbanyak konsumsi sayuran. Hal ini bertujuan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa membantu menjaga berat badan.

Batasi jumlah porsi yang dikonsumsi agar asupan kalori tidak berlebih. Jika memungkinkan, gunakan peralatan makan yang lebih kecil. Semakin besar ukuran piring yang digunakan, makin banyak pula makanan yang akan Anda ambil untuk ’memenuhi’ piring tersebut.

Jangan makan sambil beraktivitas. Misalnya, makan siang di depan komputer untuk mengejar deadline. Makan sambil melakukan aktivitas lain dapat mendorong untuk makan lebih banyak karena membuat Anda tidak menyadari jumlah makanan sebenarnya yang sudah masuk perut.

Siasati dengan minum air sebelum makan. Penelitian menunjukkan, konsumsi 450 ml air 30 menit sebelum makan siang dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi pada saat makan siang.

Nah, tips di atas bisa anda terapkan demi pola hidip sehat meski makanan kurang begitu sehat. Selamat makan siang!

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Satria Bagus

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES