Positive News from Indonesia

Cerita Komunitas Gresik Expresi, Konsisten Dua Tahun Bagi Nasi Bungkus Tiap Jumat

Jumat, 01 Juli 2022 - 21:28 | 54.32k
Cerita Komunitas Gresik Expresi, Konsisten Dua Tahun Bagi Nasi Bungkus Tiap Jumat
Warga saat mengambil nasi bungkus di Meja Sedekah Gresik Expresi yang ada di Gresik Kota (FOTO: Gresker for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Dua tahun sudah komunitas media sosial Gresik Expresi atau Gresker konsisten membagikan nasi bungkus setiap hari Jumat. Hal ini pun patut dicontoh.

Mereka mempersilahkan pengguna jalan maupun masyarakat mengambil secara gratis lengkap dengan air minumnya. Bahkan, yang ingin bersedekah boleh menitipkan nasi bungkus.

Ketua Gresker, Iskandar Rasyid menceritakan awal mula ia bersama komunitasnya bersedekah setiap Jumat. Dulu, program ini bernama Warung Sedekah yang berkolaborasi dengan usaha salah satu anggotanya.

mengambil-nasi-bungkus-2.jpg

Saat itu, kata Iskandar dia membuat kupon gratis untuk makan dan minum serta disebarkan kepada abang becak, tukang sapu jalanan, pengamen dan orang yang membutuhkan.

"Karena pandemi, aturan Pemerintah yang tidak memperbolehkan mendatangkan orang atau berkumpul. Akhirnya, kami ada ide untuk membuat Meja Sedekah," katanya, Jumat (1/7/2022).

Nah melalui meja sedekah ini, pria yang karib disapa Cacak Gresker ini menyatakan siapapun boleh ambil nasi, bahkan juga bisa mengisi nasi. Artinya, sedekah dan mengajak orang bersedekah.

"Saling berbagi kepada yang lebih membutuhkan tanpa harus melihat latar belakang siapa yang mengambil nasi," imbuhnya.

Meski sempat pesimis, saat ini meja sedekah ada di tiga titik. Dua berada di wilayah Gresik Kota sedangkan satunya berada di Ponpes Ma'hadul Yatama Benjeng. Setiap Jumat Pagi, Gresker menyediakan 200-350 nasi bungkus.

"Sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan, akan menular kepada orang lain untuk ikut melakukan kebaikan. Dan Alhamdulillah, dulu banyak yang pesimis akan bisa berlanjut sampai sekarang," terang Ketua Gresik Expresi soal konsisten sediakan nasi bungkus melalui meja sedekah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES