Politik

Bersiap Hadapi Pilkada Serentak 2024, Hasto Pimpin Konsolidasi PDIP Majalengka

Sabtu, 27 April 2024 - 15:44 | 63.45k
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (tengah), Ketua DPC PDIP Majalengka Karna Sobahi (kanan), dan TB Hasanuddin (kiri). (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (tengah), Ketua DPC PDIP Majalengka Karna Sobahi (kanan), dan TB Hasanuddin (kiri). (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, menghadiri rapat konsolidasi organisasi partai yang digelar oleh DPC PDIP Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

"Ini adalah konsolidasi yang pertama pasca Pemilu presiden dan Pemilu legislatif di tingkat kabupaten/kota," ungkap Hasto Kristiyanto, Sabtu (27/4/2024).

Hasto menyampaikan bahwa sebelumnya pada tanggal 22 April, PDIP telah menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang dihadiri oleh seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) partai. Selain itu, dilakukan juga rapat koordinasi bagi seluruh kepala daerah PDIP yang baru menjabat satu periode.

"Hari ini kami langsung bergerak cepat melakukan konsolidasi di Kabupaten Majalengka yang merupakan salah satu basis PDIP di Provinsi Jawa Barat," ungkapnya.

Hasto menjelaskan, konsolidasi ini tidak hanya untuk mempersiapkan diri menghadapi Pilkada serentak, tetapi juga untuk mengevaluasi pelaksanaan Pemilu presiden dan legislatif sebagai bahan masukan untuk Rakernas PDIP yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 hingga 26 Mei 2024.

Dikatakannya, bahwa dalam konsolidasi ini, fokus utamanya adalah memenangkan Pilkada serentak. DPP PDIP akan terus melakukan pemetaan politik dan mempercepat rekomendasi serta penugasan terhadap kader-kader partai yang akan diusung, termasuk di Kabupaten Majalengka.

Hasto menegaskan bahwa strategi menghadapi Pilkada akan diputuskan dalam Rakernas, termasuk penetapan target jumlah kemenangan.

Dia juga menggarisbawahi bahwa PDIP telah berhasil menempatkan kader-kader partai dari kalangan rakyat biasa melalui proses kaderisasi, membuktikan komitmen partai dalam menciptakan pemimpin yang melayani dari dan untuk rakyat.

Terkait dengan Pilkada, DPP telah sudah mengantongi nama-nama calon dari kader partai terbaiknya untuk maju dalam kontestasi Pilkada di sejumlah kabupaten dan kota, termasuk di Majalengka.

"Daerah-daerah yang setidaknya mampu bertahan menghadapi gempuran yang sangat dahsyat dan menjaga kursi tetap, itu sudah merupakan prestasi," ujarnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri telah mengumpulkan semua petahana kepala daerah dan memberikan prioritas bagi mereka untuk ditugaskan kembali, selama kepemimpinannya membawa daya manfaat bagi kehidupan rakyat.

Hasto Kristiyanto menyampaikan, bahwa PDIP terbuka untuk menjalin kerja sama baik di tingkat nasional maupun di tingkat kabupaten/kota dan provinsi, sesuai dengan dinamika dan kultur politik yang ada. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES