Politik

Direktur ARCI: Anies Baswedan Mampu Naikkan Elektabilitas Partai Nasdem

Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:35 | 26.10k
Direktur ARCI: Anies Baswedan Mampu Naikkan Elektabilitas Partai Nasdem
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bersama Anies Baswedan kedua kiri saat Deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Terpilihnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi Bakal Calon Presiden Partai NasDem (Nasional Demokrat) dianggap menjadi Coattail Effect (efek ekor jas) bagi Partai Pimpinan Surya Paloh ini. Hal ini dikatakan oleh Baihaki Siraj, Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

"Partai NasDem yang mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presidennya pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 merupakan simbiosis mutualisme yakni saling menguntungkan. Tak hanya Anies yang dapat kendaraan maju di Pilpres 2024, tetapi keuntungan juga diraih Partai besutan Surya Paloh terdebut,"  kata Baihaki Siraj kepada TIMES Indonesia, Rabu (5/10/2022).

Baihaki-Siraj.jpgBaihaki Siraj, Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI). (Foto dok Baihaki Siraj)

Baihaki mengungkapkan jika Anies Baswedan punya banyak followers atau pendukung fanatik akan menaikkan elektabilitas NasDem di Pemilu 2024. Diketahui, sebelumnya NasDem merupakan partai kelima suara terbanyak di parlemen dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

“Surya Paloh sangat cerdas melihat peluang. NasDem mendukung Anies tentunya akan mendapatkan efek elektoral yang sangat besar untuk NasDem," ungkapnya

Lebih jauh Baihaki menyebut langkah atau keputusan Surya Paloh sudah tepat memilih Anies Baswedan sebagai capres untuk parpolnya.

Surya Paloh, lanjutnya, merupakan king maker di Pemilu 2024 yang dapat mengkalkulasi dampak positif yang akan didapat parpolnya, jika mengumumkan capres lebih dulu dibandingkan parpol lain. Selain itu, masyarakat juga bisa menilai hal positif yang sudah dilakukan Anies sewaktu menjabat sebagai DKI 1.

 “Tentunya masyarakat juga bisa memberikan kritik jika ada yang tidak beres pada Anies,” jelasnya.

Menurut Baihaki, di Pemilu 2024 Partai Nasdem memungkinkan bisa menduduki 3 besar parpol dengan perolehan suara terbanyak.

"Sangat memungkinkan NasDem menjadi parpol 3 besar di 2024.Mengingat Anies Baswedan memiliki captive market masyarakat Islam,” paparnya.

Sebelumnya, Partai NasDem telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) di Pilpres 2024, Senin (3/10/2022). Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh langsung mengumumkan Capres Anies Baswedan.

“Pilihan capres NasDem adalah yang terbaik daripada yang terbaik. Inilah akhirnya nasdem memberikan seorang sosok, Anies Baswedan,” ujar Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di hadapan Anies Baswedan.

Surya Paloh mengatakan Anies adalah sosok terbaik dan tak ada alasan bagi Partai NasDem untuk tidak mencalonkannya. 

“Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya, why not the best,” tegasnya.

Anies Baswedan mengaku siap menjadi capres yang diusung Partai NasDem. Anies meyakini majunya dia sebagai capres menjadi ibadah baginya. Karenanya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu akan terus berusaha.

“Bismillah kami terima, kami siap. Dengan memohon doa semua, Inshaallah perjalanan panjang ini tidak menjadi perjalanan yang berat tapi jadi perjalanan yang ringan. Kita siapkan ikhtiar ini sebagai ibadah,” ucap Anies Baswedan yang menjadi capres dari Partai NasDem di Pilpres 2024.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES