Politik

DPD Partai Ummat Sumedang Optimistis Lalui Semua Tahapan Pemilu 2024

Rabu, 28 September 2022 - 18:50 | 26.58k
DPD Partai Ummat Sumedang Optimistis Lalui Semua Tahapan Pemilu 2024
Ketua DPD Partai Ummat Kabupaten Sumedang Jabar, Tawakal Arief Hidayat. (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Jelang Pemilu 2024 sebanyak 24 Parta Politik (Parpol) yang baru ataupun lama terus mengikuti sejumlah tahapan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang. Begitupun salah satu kandidat Parpol baru besutan Amin Rais yakni, Partai Ummat terus mematangkan segala sesuatunya. Mulai dari administrasi hingga penguatan kader di setiap DPC guna mengikuti tahapan verifikasi faktual Parpol.

Hal itu dikemukakan, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Ummat, Kabupaten Sumedang Jawa Barat (Jabar), Tawakal Arief Hidayat kepada TIMES Indonesia, Rabu (28/9/2022).

"Meskipun partai kami terbilang baru, namun harus optimistis dapat melalui semua tahapan Pemilu. Termasuk menjelang tahapan verifikasi faktual Parpol di KPU Sumedang pada Oktober 2022 nanti," katanya.

Tentu saja, sambung Arief, DPD Partai Ummat Sumedang terus mengoptimalkan jejaring kader hingga kepelosok daerah. Bahkan, konsolidasi kepengurusan dan tali silaturahmi sesama kader terus dipertajam.

"Terlebih, kami apresiasi dan bersyukur Partai Ummat Kabupaten Sumedang sudah lolos tahap verifikasi administrasi. Insya Allah kami bersiap menghadapi tahapan verifikasi faktual. Hal ini tidak terlepas dari kekuatan do'a serta kekompakan semua kader partai," tuturnya.

Tak sampai disitu, kata Arief, DPD Partai Ummat juga gencar bersilaturahmi dan berkoordinasi dengan semua Calon Legislatif (Caleg) Partai Ummat dari setiap Daerah Pemilihan (Dapil) di Sumedang.

"Ya dari pertemuan dan koordinasi yang terus dilakukan, diharapkan bisa menumbuhkan rasa kepercayaan diri. Sehingga, gairah untuk berjuang dari mulai tingkat pengurus hingga kader di daerah terbentuk kekuatan yang sama yakni demi meraih suara sebanyak-banyaknya di Pemilu 2024 nanti," katanya.

Selain itu, imbuh Arief, hari ini saja dirinya telah menugaskan Liaison Officer (LO) Partai Ummat guna menghadiri undangan KPU Sumedang terkait kegiatan pedoman teknis bagi Parpol calon peserta Pemilu dalam pelaksanaan pendaftaran, verifikasi dan pentepan Parpol peserta Pemilu yang terpusat di Jatinangor Sumedang.

"Jadi, para LO Parpol ini akan digembleng oleh KPU Sumedang kemudian diberikan pemahaman tentang regulasi, kebijakan pendaftaran, verifikasi hingga menjelang penetapan Parpol peserta Pemilu 2024 nanti," tutup Ketua DPD Partai Ummat Kabupaten Sumedang, Tawakal Arief Hidayat.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi mengatakan, semua Parpol calon peserta Pemilu 2024 diundang untuk mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) terkait pedoman teknis terbaru tentang mekanisme pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu 2024.

"Hari ini semua partai politik di Sumedang, tahapannya sedang masuk pada masa perbaikan verifikasi administrasi terhitung sejak tanggal 15 sampai 28 September 2022.  Dan hari ini merupakan hari terkahir," terangnya.

Ia menerangkan, semua Parpol calon peserta Pemilu 2024 secara teknis mendaftar langsung ke KPU RI melalui aplikasi SIPOL. Bahkan, semua persyaratan Pemilu 2024 oleh Parpol di upload melalui SIPOL yang persyaratannya telah diatur dalam UU nomor 7 tahun 2017.

"Nah, setelah itu, KPU akan melakukan tahapan verifikasi faktual mulai tanggal 1 sampai 9 Oktober 2022 nanti. Hasilnya akan di sampaikan lagi ke KPU Provinsi dan Pusat. Kemudian KPU RI kembali menyampaikan hasilnya ke semua Parpol yakni pada tanggal 14 Oktober 2022 mendatang. Mudah-mudahan semua tahapan Pemilu 2024 ini dapat dilalui dengan aman, lancar, tertib tanpa ada kendala yang berarti. Baik dari penyelenggara maupun Parpol calon peserta Pemilu 2024," ujar Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES