Politik Bursa Capres 2024

Puan Maharani Safari Politik Keberbagai Parpol, Positif Capres 2024 PDI Perjuangan?

Minggu, 25 September 2022 - 16:36 | 21.80k
Puan Maharani Safari Politik Keberbagai Parpol, Positif Capres 2024 PDI Perjuangan?
Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani. (FOTO: Instagram Puan Maharani)
FOKUS

Bursa Capres 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTAPuan Maharani akan diusung sebagai Capres 2024 oleh PDI Perjuangan nampaknya semakin terang. Putri Megawati Soekarnoputri tersebut kini mulai melakukan safari politik kebeberapa partai politik (parpol).

Hingga saat ini, sudah ada tiga partai politik yang sudah dikunjungi oleh Puan Maharani. mulai dari NasDem, Gerindra hingga ke PKB. Berikut hasil pertemuan Puan Maharani dengan tiga partai tersebut.

1. Partai NasDem

Senin (22/8/2022) lalu, ketua DPP PDI Perjuangan itu bertandang ke NasDem Tower, Jakarta Pusat. Puan mengatakan, ia dan rombongan diterima dengan hangat oleh Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, layaknya pertemuan sesama keluarga.

"Ini bukan cuma pertemuan antara parpol, PDI-P dan NasDem, tapi seorang senior, seorang ortu (orang tua),seorang om yang kemudian menjamu keponakannya," ujar Puan Maharani saat itu.

Ketua DPR RI itu pun berharap pertemuannya dengan Surya Paloh tak berhenti hanya pada hari itu. "Ini adalah pertemuan yang pertama, namun kami bersepakat bukan pertemuan yang terakhir," jelasnya.

Ia juga berharap usai pertemuan ini terjadi kerja sama politik antara dua partai tersebut. Namun, kerja sama itu akan terjadi jika komunikasi dan sinergi antar kedua partai terus berjalan.

"Sehingga nantinya insya allah kerja sama yang bisa terbangun antar kedua partai ini memang bisa berjalan dengan konkret dalam menjalankan cita-cita Bung Karno ke depan dan kesepakatan ini atau yang kami bicarakan tadi, tentu saja semata-mata adalah bagaimana membangun Indonesia Raya yang sejati-jatinya Raya, " ujarnya.

PDI-Perjuangan-cec1f14f619dfb40e.jpg

Sementara itu, Surya Paloh menyatakan bahwa nama Puan Maharani masuk ke dalam radar capres yang dilirik oleh partainya. "Sudah ketemu begini, masa enggak masuk dalam radar," kata Surya Paloh.

Surya Paloh mengatakan, bahwa tidak menutup kemungkinan nama Puan juga dilirik NasDem. "Kedatangan Mbak Puan ini kan saya lihat-lihat juga. Jadi, kita lihat perkembangan ke depan," ujarnya.

2. Partai Gerindra

Pada Minggu (4/9/2022) lalu, Puan Maharani juga melakukan safari politik ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Puan menyampaikan, poin pertama dari pertemuan tersebut adalah komitmen bersama untuk membangun bangsa. "Kedua kemudian bagaimana sebagai parpol kita bisa membangun politik yang santun dan bersuka ria tanpa bermusuhan," katanya.

Poin ketiga yaitu komitmen kedua partai politik mengemban kepercayaan masyarakat dengan menjalankan pesta demokrasi pada Pilpres 2024 dalam misi memajukan bangsa dan negara.

Selain itu, Puan memastikan akan ada pertemuan berikutnya dengan Prabowo Subianto setelah di Hambalang.

Menurut Puan, pertemuan berikutnya tak lain untuk memperkuat tekad bersama Prabowo. "Insya allah bisa dipastikan bukan pertemuan terakhir, ya Mas Bowo ya. Jadi kita akan tetap menyampaikan secara terbuka, membuka ruang untuk tetap menguatkan tekad bersama," ujar Puan Maharani.

Prabowo Subianto menambahkan, pertemuan ini merupakan sesi awal menjelang musim politik. "Jadi ini baru mungkin untuk awal musim politik yang akan datang, ini mungkin baru awalan," jelas Prabowo Subianto.

3. Bertemu Muhaimin Iskandar

Selain dua partai politik di atas, hari ini Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umun PKB Muhaimin Iskandar. Mereka sepakat bersua di sekitar TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2022).

Puan Maharani pun bicara kemungkinan menjalin kerja sama di pemilu 2024 usai bertemu dengan Muhaimin Iskandar tersebut.

"Ya mungkin saja (koalisi),tidak ada yabg tidak mungkin dalam politik. Jafi bisa ketemu begini saja sudah satu sinyal bahwa kemungkinan ke depannya mungkin saja dinamika-dinamika lain, ya kan gitu Cak Imin" jelasnya.

Ia juga mengatakan, setiap pertemuan membuka ruang komunikasi terkait kerja sama sekaligus menyatukan pandangan visi misi ke depan.

PDI-Perjuangan.jpg

"Jadi dinamika yang ada ke depan ini masih ada 1 tahun, saya rasa masih bisa terus terbangun terbuka bagaimana menyamakan visi misi dan cita-cita yang sama sehingga nantinya, ya namanya dinamika politik itu tidak ada yang mungkin tidak terbuka, yang pasti terbuka, pertemuan ini membuka ruang bagi kita berdua untuk bisa selalu berkomunikasi." ujarnya.

Muhaimin Iskandar menambahkan, pertemuan tersebut jadi titik awal untuk terus menjalin komunikasi ke depan.

"Semoga ini yang jadi jalan, kan perjalanan koalisi masih satu tahun. Ini bisa rintisan terus, perkembangan akan dinamis, yang jelas kita berharap PDIP bisa terus bareng PKB," ujarnya soal pertemuan dengan Puan Maharani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES