Politik

Forum MPR 54 Negara OKI Gagas Perdamaian Dunia di Bandung Oktober Mendatang

Senin, 19 September 2022 - 21:44 | 18.07k
Forum MPR 54 Negara OKI Gagas Perdamaian Dunia di Bandung Oktober Mendatang
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam konferensi pers usai pertemuan dengan Menlu dan 25 Dubes Negara OKI - (FOTO: Sumitro/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMPR RI menginisiasi pembentukan Forum MPR Dunia dan Pimpinan MPR RI telah menggelar pertemuan dengan Menteri Luar Negeri dan 25 Duta Besar negara-negara OKI (Organisasi Konferensi Islam) di Gedung MPR RI Senayan Jakarta, Senin (19/9/2022).

Pertemuan Forum MPR Dunia sepakat akan menggelar pertemuan khususnya yang tergabung dalam OKI dan 54 Duta besar negara sahabat untuk menghadiri Forum MPR dunia tersebut. 

Dalam konferensi pers usai pertemuan, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa forum ini akan membahas perdamaian dan keadilan dunia, hak asasi manusia (HAM), demokrasi dan mengembalikan spirit perjuangan untuk kemerdekaan Palestina seperti dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) Bandung, 1955 silam.

Fadel-Muhamamad4cda7745eb7ce019.jpgWakil Ketua MPR RI Fadel Muhamamad - (FOTO: Sumitro/TIMES Indonesia)

"MPR RI yang menginisiasi Forum MPR Dunia ini untuk membahas perdamaian, keadilan, HAM, demokrasi dan sebagainya. OKI sangat mendukung pertemuan ini dan mereka siap menghadiri acara ini di Bandung pada 24 - 26 Oktober 2022 mendatang," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Hadir antara lain Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Arsul Sani, Fadel Muhammad, dan Sekjen MPR RI Ma'ruf Cahyono. "Kenapa di Bandung? Ini untuk mengingatkan spirit KAA termasuk membela perjuangan kemerdekaan Palestina," jelas Hidayat Nur Wahid.

Fadel Muhammad menambahkan bahwa baik anggota OKI dan Dubes negara-negara sahabat yang semula undangan hanya untuk 2 orang, tapi yang siap hadir 5 hingga 10 orang, dan itu dengan biaya sendiri. 

Maru.jpgSekjen MPR RI Sekjen MPR RI Maru (FOTO: Sumitro/TIMES Indonesia)

"Ini menunjukkan antusiasme mereka untuk datang dan berwisata ke Indonesia sangat besar. Mereka juga akan jalan kaki sepanjang Jl Asia Afrika Bandung," ungkapnya.

Menurut Fadel, peretemuan akan digelar di Gedung Sate Bandung yang diatur oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Kang Emil) dengan tradisi Sunda. Forum MPR Dunia ini akan dibuka oleh Presiden Jokowi dan ditutup oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sementara itu Sekjen MPR RI Maruf Cahyono menyatakan jika MPR RI sudah siap menyelenggarakan Forum MPR Dunia tersebut. Karena itu, ia berharap media sudah mulai terlibat sejak sekarang sampai suksesnya acara itu di Bandung. 

"Ini momentum nasional dan internasional dalam melaksanan amanat konstitusi," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES