Peristiwa Nasional

Gempa Bumi Cianjur, Jokowi: Rumah Rusak Parah Dapat Bantuan Rp50 Juta

Selasa, 22 November 2022 - 15:37 | 15.05k
Gempa Bumi Cianjur, Jokowi: Rumah Rusak Parah Dapat Bantuan Rp50 Juta
Presiden Jokowi saat meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. (FOTO: BPMI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) meninjau lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).

Lokasi pertama gempa Cianjur yang ditinjau kepala negara Jalan Raya Cibeureum penghubung wilayah Bogor dan Cianjur di Kecamatan Cugenang yang sempat tertimbun longsor namun kini telah dapat dilalui kendaraan.

Presiden Jokowi menyampaikan belasungkawa atas musibah gempa bumi yang melanda di wilayah tersebut.

"Atas nama pribadi atas nama pemerintah saya ingin menyampaikan duka cita yang mendalam Bela sungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur," katanya.

Presiden Indonesia ke-7 itu mengatakan dirinya sudah meminta jajarannya untuk bekerja sama dalam membantu penanganan pasca gempa bumi yang terjadi di Cianjur tersebut.

Mulai dari pembukaan akses yang terkena longsor hingga evakuasi penyelamatan korban-korban yang masih tertimbun longsor.

"Akses jalan yang kemarin tertimbun tadi pagi sudah bisa dibuka. Alhamdulillah. Dan ini nanti akan dilanjutkan dengan kecepatan dalam penanganan terutama penyelamatan evakuasi untuk yang masih tertimbun," jelasnya.

Presiden Jokowi juga memastikan pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa bumi kemarin.

Bantuan itu terdiri atas Rp 50 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan berat. Dan Rp 25 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan sedang. Rp 10 untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan

"Tetapi yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh menteri PUPR.

"Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk rumah yang anti gempa,” kata Presiden Jokowi. 

Diberitakan TIMES Indonesia sebelumnya, Presiden Jokowi hari ini akan meninjau wilayah bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Hal itu untuk memastikan semua korban mendapatkan penanganan yang semakin memadai.

Dikutip TIMES Indonesia dari laman resmi Setkab RI, Kepala Negara akan menuju ke sana siang ini sekitar pukul 13.21 Wib. Beberapa lokasi yang akan ditinjau langsung seperti rumah sakit, daerah terdampak bencana serta posko pengungsian.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, perjalanan Presiden Jokowi ke Cianjur menggunakan kendaraan roda empat.

"Presiden lebih memilih menggunakan mobil untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa, sudah kembali terbuka," katanya dalam keterangan resminya.

Ia juga menyampaikan bahwa presiden Jokowi ingin memastikan bantuan logistik seperti makanan, minuman, obat-obatan, sembako dan bantuan lainnya tidak menemui hambatan dalam pengiriman terhadap korban bencana gempa bumi tersebut.

Seperti yang diketahui, gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,6 mengguncang Cianjur. Berdasarkan data BMKG, bencana alam itu terjadi siang Senin (21/11/2022), hingga menyebabkan ratusan orang meninggal dan luka-luka.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, sebanyak 162 orang meninggal dunia akibat gempa yang terjadi di Cianjur. Disebutkan pula ada 326 warga luka-luka dan 13.784 orang mengungsi. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES