Peristiwa Nasional

Menteri PUPR RI Langsung Tinjau Lokasi Longsor akibat Gempa di Cianjur

Selasa, 22 November 2022 - 07:34 | 14.04k
Menteri PUPR RI Langsung Tinjau Lokasi Longsor akibat Gempa di Cianjur
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi longsor akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). 

TIMESINDONESIA, CIANJUR – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono turut melakukan tinjauan ke lokasi longsor akibat gempa di Cianjur.

Kedatangan Menteri Basuki malam hari ini pada sekira pukul 21.45 WIB sesuai perintah dari Presiden RI Jokowi.

"Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi longsor di Kecamatan Cugenang, Cianjur, tiba pukul 21.45 WIB. Gempa susulan masih terjadi di lapangan," ujar Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara (Jubir) Kementerian PUPR RI Endra S Atmawidjaja kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

Menurut Endra, fokus penanganan saat ini dengan mengerahkan dua excavator yang sudah berada di lapangan untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan Cipanas-Cianjur.

Endra mengatakan, Kementerian PUPR RI di bawah koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bergerak cepat menangani longsoran di Jalan Nasional Cianjur-Puncak akibat Gempa magnitudo (M) 5,6 di Cianjur yang terjadi Senin siang (21/11/2022).

Saat ini, Lanjut Endra sedang dimobilisasi personel dan alat berat dari lokasi terdekat sekitar 10 kilometer untuk pembersihan jalan nasional dari pohon-pohon tumbang dan tanah dari  longsoran tebing.

Hal ini dimaksudkan agar lalu lintas pada jalan nasional dari Puncak-Cipanas-Cianjur kembali normal untuk kelancaran penyaluran obat-obatan, tenaga medis, bahan makanan dan sandang/baju/selimut bagi warga terdampak.

"Sementara, kami mobilisasi 7 excavator dan 10 dump trucks sedang dalam perjalanan dari 2 arah (dari arah Bandung ke Cianjur dan dari arah Bogor-Cianjur)," katanya.

Ditambahkannya, salah satu lokasi yang sudah diterima laporannya dari lapangan adalah di Kecamatan Cugenang pada ruas jalan nasional antara Kota Cianjur ke Puncak.

"Laporan sementara ada 2 titik longsor parah, tidak ada jalan putus karena kerusakan struktur, tapi putus karena tertutup pohon yang tumbang dan longsoran tanah." katanya.

"Kita akan siagakan personel dan alat berat di Cugenang dan lokasi berisiko tinggi sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya gempa dan longsoran susulan," tambah Endra. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Imam Kusnin Ahmad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES