Peristiwa Nasional Muktamar 48 Muhammadiyah

Haedar Nashir: Muhammadiyah dalam Memajukan Bangsa Bukanlah Akan, Tetapi Telah

Sabtu, 19 November 2022 - 11:00 | 12.02k
Haedar Nashir: Muhammadiyah dalam Memajukan Bangsa Bukanlah Akan, Tetapi Telah
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir bersama Presiden Joko Widodo saat pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Stadion Manahan, Sabtu (10/11/2022). (FOTO: Adam for TIMES Indonesia)
FOKUS

Muktamar 48 Muhammadiyah

TIMESINDONESIA, SOLO – Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan apresiasi kepada semua pihak atas partisipasi dalam Muktamar ke-48 Muhammadiyah.

"Muktamar ke-48 Muhammadiyah mengambil tema Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta," katanya dalam sambutannya pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Stadion Manahan, Sabtu (19/11/2022).

Ia menjelaskan, Muhammadiyah dalam memajukan bangsa bukanlah akan, tetapi telah dan terus berkiprah dalam satu abad ini. "Lebih dalam lintasan pergerakannya melalui amal usaha dan dakwah kemasyarakatan yang mencerdaskan dan mencerahkan," jelasnya.

Menurutnya, dari pusat, desa hingga pelosok-pelosok terjauh, Muhammadiyah hadir tiada henti melayani negeri. Kata dia, khimat kebangsaan Muhammadiyah ini lahir dari keislaman nasional berwawasan nasionalisme inklusif, agar Indonesia makin berkemajuan disegel bidang kehidupan.

"Dan dalam perjalanan satu abad lebih inilah, Muhammadiyah terus berkiprah bekerja dan berkeringat dalam memajukan kehidupan bangsa," katanya.

Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah juga dihadiri oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo). Haedar dalam kesempatan itu pun menyampaikan atas kerja-kerja Presiden Jokowi selama ini. 

"Atas nama Muhammadiya dan seluruh peserta dan penggembira, kami menyampaikan terima kasih khusus atas kehadiran Presiden Indonesia dan Ibu Negara. Yang dalam beberapa Minggu ini maraton sejak dari KTT G20 Bali sampai ke Kamboja, Bangkok, dan sebentar lagi KTT ASEAN," ujarnya.

Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah berlangsung meriah. Digelar di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/11/2022) pagi acara diharisi pulihan ribu peserta muktamar darn penggembira. Stadion berkapasitas sekitar 20 ribu penonton itu tak dapat menampung seluruh simpatisan yang hadir.

Meski demikian simpatisan Muhammadiyah yang datang dari berbagai daerah itu tetap menyaksikan gelaran pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah melalui videotron yang telah disiapkan panitian di luar stadion.

Pembukaan ini dimeriahkan penampilan Tantri Kotak dan Arda Naff yang membawakan lagu Derap Berkemajuan yang diciptakan oleh Eross Shelia On 7. Selain itu ditampilkan pula atraksi dari Tapak Suci, Marchingband, tarian kolosal dari tujuh universitas Muhammadiyah/ Aisyiah se-Indonesia. Lalu atraksi dirgantara oleh Unite Kegiatan Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang. 

Atraksi dirgantara itu juga bekerjasama dengan TNI-Polri untuk terjun payung dengan membawa 10 bendera. Diantaranya ada benderea Merah Putih, bendera Muhammadiyah termasuk bendera bergambar KH Ahmad Dahlan dan Nyai Siti Walidah. 

Pesawat cessna 172 yang digunakan dalam atraksi udara dalam pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah itu juga membawa banner tema muktamar "Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta”. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES