Peristiwa Nasional Tragedi Stadion Kanjuruhan

TGIPF Tragedi Kanjuruhan Malang, Presiden RI Jokowi: Kita Ingin Usut Tuntas

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:57 | 18.83k
TGIPF Tragedi Kanjuruhan Malang, Presiden RI Jokowi: Kita Ingin Usut Tuntas
Presiden RI Joko Widodo saat menggelar konferensi pers di depan ruang IGD RSSA Malang, Rabu (5/10/2022). (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
FOKUS

Tragedi Stadion Kanjuruhan

TIMESINDONESIA, MALANGPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) membeberkan alasan dibentuknya Tim Gabungan Independen Pencari fakta (TGIPF) atas tragedi Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/2022) lalu.

Ditemui di depan IGD RSSA Malang, Jokowi menegaskan bahwa alasan dibentuknya tim pencari fakta independen tragedi Kanjuruhan Malang ini untuk mengusut tuntas dan tak ada yang ditutup-tutupi.

"Kenapa dibentuk tim pencari fakta independen, karena kita ingin usut tuntas, tidak ada yang ditutup-tutupi," ujar Presiden RI, Jokowi, Rabu (5/10/2022).

Ia ingin memastikan bahwa siapapun tersangkanya, harus diberi hukuman setimpal. Jika harus pidana, akan dipidanakan.

"Yang salah juga diberikan sanksi. Kalau masuk ke pidana juga sama diberikan pidanakan," ungkapnya.

Sebelumnya, tim pencari fakta independen ini dibentuk melalui rapat koordinasi khusus (rakorsus), Senin (3/10/2022) lalu. Tim ini pun langsung diketuai oleh Menko Polhukam, Mahfud MD untuk mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan Malang.

Jokowi pun menerangkan bahwa dirinya ingin mengetahui akar masalah penyebab tragedi Kanjuruhan Malang ini.

Sebab, tragedi Kanjuruhan Malang ini diketahui telah menewaskan 131 suporter Aremania dan ratusan lainnya terluka hingga harus mendapatkan perawatan intensif di sejumlah rumah sakit Malang.

"Saya benar-benar ingin tahu akar masalah penyebab tragedi ini, sehingga kedepan kita bisa mendapatkan sebuah solusi terbaik," kata Presiden RI Jokowi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES