Peristiwa Internasional

Putri Mandalika, Grup Tari Indonesia yang Berkeliling Dunia

Senin, 21 November 2022 - 00:27 | 39.21k
Putri Mandalika, Grup Tari Indonesia yang Berkeliling Dunia
Grup Tari Indonesia Putri Mandalika saat tampil di Florida, AS. (Foto: Maria/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, FLORIDA – Masyarakat Indonesia di Florida, AS, rutin memperkenalkan budaya Indonesia. Mereka kerap mengadakan festival kebudayaan, presentasi kebudayaan, permainan music tradisional, dan juga tari-tarian Indonesia. Grup tarian dari Florida, Putri Mandalika misalnya, beberapa kali menari dan menyebarkan kebudayaan Indonesia di banyak tempat yang berbeda.

Seperti pada Senin 14 November lalu, Putri Mandalika tampil di Full Sail University, Winter Park, Florida dalam rangka acara Full Sail Uni-Diversity

Full Sail University mengadakan acara budaya internasional yang memperkenalkan beberapa budaya dari beragam negara. Full Sail University adalah salah satu universitas swasta yang dulunya adalah sebuah studio rekaman yang berasal dari negara bagian Ohio yang bernama Full Sail Productions dan Full Sail Center for the Recording Arts. Universitas ini didirikan pada tahun 1979 dengan gelar akademik yang berfokus pada produksi audio, film, media, desain permainan video, animasi, dan studi lainnya yang terkait dengan media industri dan hiburan.

Putri Mandalika tampil dengan satu tarian, tarian Ruai yang berasal dari Kalimantan Barat. Semua anggota grup Putri Mandalika tampil di acara yang diadakan universitas ini.

Tarian Ruai mengikuti gerakan burung Ruai, yakni mengepakkan sayap, mengembangkan bulu, dan juga berputar. Tarian Ruai umumnya ditampilkan oleh masyarakat Kalimantan Barat untuk menyambut tamu istimewa dan juga hari-hari besar nasional. Ruai sendiri merupakan spesies burung asli Kalimantan Barat yang memiiki keindahan yang sangat menarik di tubuhnya.

Grup-tari-Putri-Mandalika-a.jpg

Ide karya tari ini muncul dari ketertarikan penata tentang keberadaan legenda Putri Bungsu yang berubah menjadi burung Ruai, keindahan serta kecantikan dari burung Ruai,dan pelestarian burung Ruai yang sudah hamper punah saat ini.

Putri Mandalika juga sering bekerja sama dengan Fusion Festival sejak tahun 2018. Fusion Festival Incorporation adalah organisasi nirlaba dengan misi untuk merayakan beberapa budaya yang berbeda di daerah Florida tengah, dengan menunjukkan bakat, berbagi cerita, mendorong inovasi, dan membangun komunitas berdasarkan rasa hormat dan pengertian.

Fusion Festival merupakan salah satu proyek dari Kantor Urusan Seni dan Budaya Orange county. Putri Mandalika diundang oleh Fusion Festival setiap tahun untuk memeriahkan acara-acara mereka di Florida. Putri Mandalika juga sudah dijadwalkan untuk bergabung dengan Asian Festival yang diadakan oleh komunitas Bangladesh pada tanggal 4 dan 5 Maret tahun depan di Miramar, Florida.

Farah Crawford, Yuliyani Lancaster, dan Francisca Henry adalah anggota grup tarian Putri Mandalika. Farah dan Yuliyani adalah  guru-guru yang mengajar tari-tarian Indonesia di Florida.

Farah yang berasal dari Bali dan Lombok adalah seorang guru tari di Nusa Tenggara Barat yang menguasai tarian Bali dan tarian Nusantara lainnya. Farah menari sejak dia umur 6 tahun dan sejak SMA, dia sering tampil di Mataram, Nusa Tenggara Barat secara profesional.

Farah bermukim di Amerika Serikat sejak 6 tahun lalu bekerja sebagai salah satu chef di Disney, Orlando, Florida. Farah mendirikan grup tarian Putri Mandalika bersama temannya, Yuliyani Lancaster di Florida.

Yuliyani Lancaster alias Nyai Jaipong yang berasal dari Karawang menari sejak kecil di sanggar tari Galaksinongnong di Bandung. Yuliyani juga sering membuat dan mendesain seragam tari-tarian grup Putri Mandalika.

Francisca Henry alias Sisca yang bekerja sehari-hari di kantor pengacara Morgan and Morgan juga menari balet sejak kecil di Indonesia. Dia juga pernah menari ballet di Taman Ismail Marzuki bersama gurunya Sunny Pranata.

Sisca bergabung dengan Putri Mandalika sebagai salah satu penarinya sejak tahun 2017.  Putri Mandalika asal Indonesia juga sering tampil di Sydney-Australia, Houston-Texas, dan seluruh Florida. (*)

 

Pewarta: Maria L Winchester, Kontributor TIMES Indonesia di Florida, USA.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES