Peristiwa Internasional G20 Indonesia

Hasil KTT G20 Indonesia: Sepakat Percepat Transisi Energi Global

Rabu, 16 November 2022 - 16:16 | 14.59k
Presiden RI Jokowi memimpin KTT G20 Indonesia 2022. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden RI Jokowi memimpin KTT G20 Indonesia 2022. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALI – Presiden RI Jokowi telah menutup KTT G20 Indonesia 2022. Adapun hasil dari KTT G20 diunggah dalam dokumen G20 Bali Leaders Declaration Bali. Salah satunya membahas transisi energi.

Dalam G20 Bali Leaders Declaration Bali, negara G20 sepakat untuk mempercepat transisi energi dengan meningkatkan pembangunan pembangkit listrik non emisi atau rendah karbon.

"Kami akan dengan cepat meningkatkan penyebaran pembangkit listrik nol dan rendah emisi, termasuk energi terbarukan sumber daya, dan langkah-langkah untuk meningkatkan efisiensi energi, teknologi, dengan mempertimbangkan keadaan nasional," tulis poin 11 dalam Bali Leaders Declaration.

Dokumen tersebut, juga menyebutkan Negara G20 telah memahami pentingnya percepatan transisi energi ke rendah karbon. Para pemimpin negara tersebut juga berkomitmen untuk mengurangi listrik yang menggunakan tenaga batu bara.

"Kami akan memperkuat kerja sama internasional serta dialog produsen hingga konsumen yang relevan mengamankan keterjangkauan dan aksesibilitas energi dengan membatasi volatilitas harga energi dan meningkatkan teknologi yang bersih, aman, inklusif, dan berkelanjutan, termasuk mengembangkan kawasan interkoneksi energi," lanjut poin tersebut.

Negara G20 juga berkomitmen untuk mempromosikan investasi secara berkelanjutan, mulai dari infrastruktur dan industri, teknologi inovatif dan berbagai kebijakan fiskal, serta mekanisme pasar dan regulasi untuk mendukung transisi energi bersih.

"Termasuk, penggunaan mekanisme harga dan non-harga karbon dan insentif, sementara memberikan dukungan yang ditargetkan untuk yang paling miskin dan paling rentan," tulis poin 11 terkait transmisi energi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES