Peristiwa Internasional G20 Indonesia

Presiden AS Joe Biden Telah Tiba di Bali, Ini Agendanya

Senin, 14 November 2022 - 06:02 | 33.79k
Presiden AS Joe Biden Telah Tiba di Bali, Ini Agendanya
Presiden AS Joe Biden tiba di Bali Minggu (13/11/2022) malam. Biden datang untuk menghadiri puncak KTT G20 Indonesia. (Foto: BPMI/Setpres)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALI – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah tiba di Bali, Minggu (13/11/2022). Presiden AS akan menghadiri puncak KTT G20 Indonesia bersama para pemimpin negara anggota lainnya.

Joe Biden datang ke Bali dengan menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One. Setibanya di Bandara Ngurah Rai, Ia disambut oleh Menteri Sandiaga Uno serta diiringi tarian khas Bali. Selanjutnya Biden meninggalkan bandara menuju tempatnya menginap selama KTT G20 Indonesia di Bali.

Sebelum tiba di Bali, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menghadiri pertemuan perubahan iklim COP27 di Mesir dan pertemuan KTT ASEAN di Kamboja. Di Bali, Joe Biden dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping.

Pertemuan G20 diikuti oleh 20 negara anggota yang di dalamnya membahas berbagai isu strategis, termasuk isu geopolitik.

Di Bali, para pemimpin negara anggota G20 diprakirakan akan membahas isu perang Ukraina,  ketegangan di Selat Taiwan, krisis perubahan iklim, energi dan pangan yang sedang berlangsung. 

Sebelumnya, hasil pertemuan di Kamboja, Presiden Amerika Serikat Joe Biden memastikan jalur komunikasi dengan Cina akan tetap terbuka.

Dalam Pertemuan Asia Timur yang digelar di pertemuan ASEAN tersebut, Joe Biden mengatakan Amerika Serikat akan bersaing dengan Cina dan menyuarakan catatan pelanggaran hak asasi manusianya. Namun Bidnlen menekankan perdamaian di Selat Taiwan dan memastikan kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan.

Presiden AS Joe Biden mengecam invasi Rusia ke Ukraina yang disebutnya sebagai aksi "brutal dan tak adil". Biden juga mengecam ancaman uji coba rudal Korea Utara. Presiden AS juga mendesak militer Myanmar untuk mengikuti rencana perdamaian yang telah disepakati bersama dengan ASEAN.

"Amerika Serikat akan bersaing ketat sambil mempertahankan jalur komunikasi terbuka dan memastikan kompetisi dengan (Cina) tidak mengarah pada konflik," kata Biden seperti dikutip Gedung Putih dalam pernyataannya.

17 Pemimpin Negara Hadir di KTT G20 Indonesia

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan 17 kepala negara maupun kepala pemerintahan bakal menghadiri KTT G20 di Bali.

"Saya sudah dapat laporan bahwa semuanya sudah siap 17 kepala negara hadir dan ini sangat menggembirakan di tengah masa yang sulit seperti sekarang ini," kata Jokowi dalam pernyataan pers setibanya di Bali, Minggu (13/11/2022).

Presiden Jokowi menegaskan komitmen Indonesia bagi perdamaian dunia. Ia mengatakan Indonesia terus memperjuangkan perdamaian dunia serta menjadi bagian dari solusi berbagai krisis dan pemulihan ekonomi.

G20 merupakan sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. Anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Dikutip dari situs resminya, Forum KTT G20 intens dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan masing-masing kepala negara ataupun kepala pemerintahan. Tahun ini, Indonesia resmi memegang presiden G20. 

Dalam kepemimpinannya, Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Ada tiga isu prioritas dalam presidensi G20 Indonesia yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES