Peristiwa Internasional

Ledakan di Istanbul Turki, Belasan Terluka dan Ada Kematian

Minggu, 13 November 2022 - 22:03 | 16.57k
Ledakan di Istanbul Turki, Belasan Terluka dan Ada Kematian
Tim polisi, kesehatan, pemadam kebakaran, dan AFAD langsung berdatangan ke lokasi kejadian. (FOTO: Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah ledakan terjadi di tempat pedestrian Istiklal, kota metropolitan Istanbul Turki di distrik Beyoğlu, Minggu (13/11/2022) sore menyebabkan sedikitnya 11 orang terluka dan dilaporkan juga ada kematian.

Penyebab ledakan masih belum diketahui. Sejumlah besar tim darurat, polisi dan pemadam kebakaran dikirim ke wilayah tersebut.

Pihak berwenang Turki belum mengkonfirmasi penyebab ledakan atau jumlah korban luka.

Layanan darurat terlihat bergegas ke daerah Taksim di kota itu.

Ali Yerlikaya, Gubernur Istanbul mengatakan ledakan itu terjadi sekitar pukul 16:20 waktu setempat (13:20 GMT) di Jalan Istiklal. Dia menggambarkan ada "korban dan cedera" di sebuah posting Twitter, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

"Hari ini, sekitar pukul 16.20, sebuah ledakan terjadi di Jalan Taksim Istiklal di distrik Beyoğlu kami. Tim polisi, kesehatan, pemadam kebakaran, dan AFAD kami dikirim ke tempat kejadian. Ada korban dan cedera. Perkembangan akan dibagikan kepada publik," tulis Ali.

Rekaman menunjukkan ambulans, truk pemadam kebakaran, dan polisi di tempat kejadian. Penyebab ledakan itu tidak jelas. Pengguna media sosial mengatakan toko-toko tutup dan jalan ditutup.

Jalan itu merupakan jalan raya ramai yang populer di kalangan turis dan penduduk lokal, dengan deretan toko dan restoran.

Turki dilanda serangkaian pemboman mematikan antara 2015 dan 2017 oleh ISIL (ISIS) dan kelompok-kelompok yang terkait dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

"Ada kecurigaan kuat bahwa ini adalah bom bunuh diri, tapi kami belum memiliki pernyataan resmi [tentang itu," kata Sinem Koseoglu dari Al Jazeera dari Istanbul.

Koseoglu mengatakan ledakan itu mengejutkan, karena belum ada peringatan baru-baru ini atas serangan di kota itu.

"Tapi langkah-langkah keamanan tetap tinggi di daerah itu," katanya

"Polisi langsung menutup jalan Istiklal karena dikhawatirkan ada ledakan kedua," lapor media Turki.

Dari tempat kejadian terekam ada mayat seorang anak dan seorang pria yang terluka parah.

Rekaman yang dibagikan di media sosial bahkan menunjukkan beberapa orang tergeletak di jalan tak bergerak.

Area pedestrian Istiklal dikota metropolitan Istanbul Turki di distrik Beyoğlu, merupakan jalan raya ramai yang populer di kalangan turis dan penduduk lokal, karena banyak deretan toko dan restoran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES