Peristiwa Internasional G20 Indonesia

THK Forum G20, Platfrom Galang Dukungan USD 30 Miliar untuk SDGs

Minggu, 13 November 2022 - 20:56 | 19.27k
THK Forum G20, Platfrom Galang Dukungan USD 30 Miliar untuk SDGs
Pembukaan THK Forum 2022 G20 dalam rangkaian Indonesia. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALI – Tri Hita Karana Forum (THK Forum) yang masuk tahun ketiga dalam rangkaian acara G20 Indonesia menjadi platform penggalangan dukungan data USD 30 miliar untuk Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

Mengambil tema Future Knowledge and Blended Finance for Better Business and Better World, konferensi selama dua hari ini diselenggarakan di bawah naungan Presidensi Indonesia untuk KTT G20 yang dihadiri oleh pemimpin dari bisnis, keuangan, pemerintah, filantropis, dan akademisi.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Republik Indonesia Luhut B. Pandjaitan membuka langsung THK Forum 2022 di Nusa Dua Convention Center (NDCC) II Nusa Dua, Badung, Bali pada Minggu (13/11/2022).

Ia menyatakan komitmen Indonesia terhadap perubahan iklim sangat kuat. Namun, kata Luhut, saat ini sedang menghadapi tantangan untuk mempercepat pencapaian TPB.

"Untuk itu, pembiayaan campuran sangat penting untuk membiayai begitu banyak proyek iklim. Pemerintah Indonesia saat ini sedang memfinalisasi Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan, termasuk kolaborasi untuk penghentian pembangkit tenaga batu bara lebih cepat dari rencana, menuju pada energi terbarukan," kata Luhut.

THK Forum mengumumkan penggalangan dana lebih dari USD 30 miliar yang terdiri atas komitmen, beberapa proyek dan insiatif untuk pencapaian TPB. Inisiatif tersebut akan memprioritaskan hal-hal berikut:

1. Percepatan investasi untuk transisi energi berkeadilan di Indonesia
2. Meningkatkan pendanaan untuk pengelolaan sampah dan infrastruktur berkelanjutan
3. Memobilisasi dana untuk solusi berbasis lingkungan, terutama laut, hutan, dan sistem
pangan regeneratif

Sementara itu, Executive Lead of THK Forum 2022 dan Duta Besar Keliling untuk Kawasan Pasifik Tantowi Yahya mengatakan, THK Forum akan berperan sebagai platform untuk menggalang dukungan dan merayakan komitmen, pengumuman, dan capaian untuk mendorong Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

"Forum ini berorientasi pada hasil, tapi tetap membuka ruang interaksi dan diskusi dari peserta agar bisa mencari solusi untuk mendatangkan investasi dan inovasi berkualitas," jelasnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno dalam acara ini juga menyampaikan Indonesia telah memiliki program desa wisata dengan pembiayaan campuran, yaitu Desa Serangan, lanskap urban bersejarah di Bali yang merupakan salah satu lokasi wisata sebagai percontohan awal.

Diharapkan model ini bisa direplikasi di tempat lainnya di Indonesia. THK Forum G20 mendukung setidaknya 20 proyek inkubasi yang akan memobilisasi lebih dari USD 30 miliar investasi pada berbagai sektor di bidang energi, kehutanan dan penggunaan lahan, laut dan air, plastik, kesehatan dan pembangunan manusia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES