Peristiwa Daerah

KPU Jatim: Kader DP3 Punya Peran Strategis Wujudkan Partisipasi Pemilu 2024

Rabu, 23 November 2022 - 17:35 | 8.70k
KPU Jatim: Kader DP3 Punya Peran Strategis Wujudkan Partisipasi Pemilu 2024
Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Gogot Cahyo Baskoro saat membuka acara Bimtek Kader DP3 Lanjutan Lokus Kelurahan Semolowaru Kecamatan Kota Surabaya di Grand Darmo Suite, Rabu (23/11/2022).(Dok.KPU Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Keberadaan 25 kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) yang dikukuhkan KPU Jatim pada November 2021 lalu diyakini mempunyai peran strategis dalam Pemilu. Mereka berperan penting dalam mewujudkan kualitas partisipasi masyarakat pada Pemilu Tahun 2024. 

Demikian disampaikan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Gogot Cahyo Baskoro saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader DP3 Lanjutan Lokus Kelurahan Semolowaru Kecamatan Kota Surabaya pada Rabu, 23 November 2022 di Grand Darmo Suite dimulai pukul 08.00 WIB. 

"Maka penting hari ini kita menyelenggarakan pembekalan lanjutan sebagai komitemen melahirkan kualitas pemilu secara subtansial," kata Gogot. 

Sebab, tambah Gogot, apabila dalam konteks politik dan demokrasi di tingkatan desa sebagai unit terkecil dalam tatanan sosial sudah mandiri dan rasional, harapannya secara akumulatif memberikan dampak pada tingkatan sosial yang lebih besar. 

Untuk itu, ia berharap kepada suluruh kader selain menjadi agen-agen sosialisasi, menularkan informasi kepemiluan kepada keluarga dan komunitas, juga dapat berpartisipasi menjadi penyelenggara Pemilu 2024. 

"KPU Kota Surabaya telah membuka pendaftaran Badan Ad-hoc untuk PPK dan PPS. Dipersilahkan bagi kader untuk mendaftar sehingga terlibat sebagai penyelenggara," harap Gogot. 

Dengan demikian, lanjut Gogot sengaja KPU Jatim mendesain bimtek dengan model pelatihan. Tujuannya, agar kader dapat lebih aplikatif saat melakukan sosialisasi. 

"Kesempatan kali ini kader akan dibekali materi public speaking dan dinamika kelompok, sehingga mampu mempersuasif masyarakat secara masif dan mampu mendesain agenda sosialisasi lebih menarik," pungkasnya. 

Selain dua materi yang diutarakan Gogot, para kader juga dibekali materi terkait tahapan penyelenggaran pemilu dan strategi memerangi hoax, SARA, dan politik uang. Masing-masing akan dibawakan oleh Narasumber, Kasubbag Partisipasi Masyarakat KPU Jatim Prahastiwi, Motivator Indonesia Budi Hariyono, Anggota KPU Kota Surabaya Subairi, dan Akademisi Ilmu Politik Unair Fahrul Muzakki. 

Acara berlangsung selama kurang lebih delapan jam. Tampak peserta sangat antusias mengikuti forum. Semakin semarak dan interaktif, acara dipandu oleh Moderator Akbar Maulana dan Zakirin Manzila Nurilma. 

Turut hadir dalam bimtek, Danramil Sukolilo dan Lurah Semolowaru Suwarti. Dari KPU Jatim hadir, seluruh staf Subbag Parmas. 

Bimtek Kader DP3 di Sidoarjo

Bimtek-Kader.jpg

Untuk diketahui, acara yang sama juga diselenggarakan oleh KPU Jatim di Lokus Desa Bakung Peinggodani, Kecamatan Balong Bendo, Kabupaten Sidoarjo pada Selasa, 22 November 2022.

KPU Jatim membekali 25 kader DP3 di Desa Bakung Pringgodani, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Lanjutan.

Bimtek digelar pada Selasa, 22 November 2022 di Balai Desa Bakung Pringgodani, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo.

Gogot Cahyo Baskoro menyampaikan bimtek ini sebagai bentuk rangkaian kegiatan setelah tahun kemarin sudah membentuk kader DP3 di Desa Bakung Pringgodani, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo.

“Harapan kita dengan melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk komitmen bahwa agenda DP3 berkelanjutan, agenda nasional, pilot project atau percontohan bagi desa/kelurahan lainnya terkait agen-agen pemilu dan pemilihan. Dan KPU akan terus melakukan pendampingan terhadap kader DP3 ini,” katanya.

Selanjutnya, kegiatan ini sengaja disetting dalam bentuk bimtek atau Training of Trainer karena menurut Gogot, agar kader DP3 benar-benar siap ketika terjun ke masyarakat. 

“Karena tujuan akhir kita adalah terbentuk agen-agen sosialisasi KPU. Kawan-kawan sebagai kader DP3 mampu menyampaikan informasi kepemiluan kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, tetangga, dan komunitasnya untuk menggunakan hak pilihnya,” jelas Komisioner KPU Jatim yang sudah menjabat dua periode ini.

Sehingga tingkat partisipasi pemilih yang tinggi di Desa Bakung Pringgodani diiringi dengan kualitas pemilihnya pula.

“Masyarakat di Desa Bakung Pringgodani memilih bukan karena pertimbangan pragmatis dan pertimbangan yang tidak rasional, tapi memilih dengan melihat rekam jejak, kapasitas serta program-program yang dimiliki oleh calon pemimpin yang akan dipilih,” tutupnya.

Hal senada disampaikan oleh Camat Balongbendo, Ahmad Farhan. Ia berharap dengan keberadaan kader DP3 di Kecamatan Balongbendo, yang wilayahnya berada di paling ujungbarat Sidoarjo, dimana berbatasan langsung dengan Mojokerto dan Gresik, dapat menambah lagi jumlah pemilih aktif dan rasional dalam Pemilu dan Pemilihan 2024. 

“Kami berharap adanya kader DP3 ini dapat memperlancar penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan 2024. Di sisi lain juga harapannya dapat mengurangi money politic/serangan fajar,” tegasnya.

Peserta kegiatan merupakan 25 orang yang tahun sebelumnya telah diresmikan sebagai kader DP3 lokus Desa Bakung Pringgodani, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo. Lebih lanjut, kegiatan ini menghadirkan narasumber diantaranya, Komisioner KPU Kabupaten Sidoarjo, Ana Azizah yang menyampaikan mengenai Tahapan Penyelenggaraan Pemilu dan Strategi Pelaksanaan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih pada Pemilu Tahun 2024. Lalu, pemateri kedua, Komisioner Bawaslu Kabupaten Sidoarjo, Jamil yang menjelaskan terkait Politik Uang dan Kampanye Sara sebagai Extra Ordinary Crime dalam Pemilu/Pemilihan. 

Pemateri ketiga yakni Kasubbag Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (Parmas) KPU Jatim, Prahastiwi Kurnia Sitorosmi. Ia menyampaikan materi Public Speaking. Sedangkan materi keempat mengenai Teknik Dinamika Kelompok, yang dipandung oleh moderator Akbar Maulana dan Zakirin Manzhila Nurilma.

Turut hadir dalam bimtek dari KPU Jatim, yaitu Divisi Sosdiklih dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro, Kasubbag Parmas, Prahastiwi Kurnia Sitorosmi, serta staf subbag Parmas. Sementara dari KPU Kabupaten Sidoarjo ikut menghadiri acara antara lain, Ketua, Muhammad Iskak, Anggota, Ana Azizah dan Fauzan Adhim, Sekretaris, Sulaiman, serta staf subbag yang membidangi. Semakin lengkap kegiatan ini dihadiri oleh Camat Balongbendo, Ahmad Farhan, Kepala Desa Bakung Pringgodani, Sai, beserta jajarannya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES