Peristiwa Daerah

Ibu Hamil Tujuh Bulan di Probolinggo Tertimpa Pohon Tumbang

Jumat, 18 November 2022 - 10:54 | 49.75k
Petugas BPBD Kota Probolinggo sedang melakukan penanganan pohon tumbang yang menimpa ibu hamil. (Foto: Sri Hartini/TIMES Indonesia)
Petugas BPBD Kota Probolinggo sedang melakukan penanganan pohon tumbang yang menimpa ibu hamil. (Foto: Sri Hartini/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOPohon tumbang  timpa seorang ibu hamil yang saat itu sedang mengendari motor bersama suaminya. Pasangan suami istri Robert Sutrisno dan Dewi Shinta, yang hamil 7 bulan ini, tertimpa pohon saat sedang melintas di Jalan dr. Moh Saleh, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (18/11/2022) pagi. 

Beruntung tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut. Diketahui sehari sebelumnya, wilayah Kota Probolinggo diguyur hujan lebat yang disertai angin yang mengakibatkan belasan pohon di beberapa ruas jalan tumbang menghalau jalan. 

Menurut Sri Suwandari, seorang warga yang mengetahui kejadian pohon tumbang timpa seorang ibu hamil mengatakan, pohon itu tumbang sekitar pukul 06.55 WIB. Pohon itu kata dia, tumbang menimpa pengendara motor pasangan suami istri, sedangkan sang istri tengah hamil.

“Saat itu ada sepeda motor yag dikendari pasangan suami istri yang sedang melintas. Kasihan, istrinya sedang hamil,” kata Sri. 

Mengetahui hal itu, dirinya dan rekan lainnya menghubungi call center 112, dan membawa korban ke rumah sakit dr. Moh Saleh. Sementara sepeda motor diamannkan di halaman pakir SMK taman Siswa I yang tak jauh dari lokasi kejadian. 

Tak lama kemudian lanjutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Atau BPBD Kota Probolinggo, tiba di lokasi  untuk melakukan pemotongan pohon dan melakukan pembersihan. 

“Petugas langsung ke lokasi setelah mendapat laporan dibantu juga Satlantas Polres Probolinggo Kota dan Dishub. Kurang lebih 20 menit kami sudah bisa menangani pohon roboh ini. Yang penting arus lalulintas lancar,” kata Seksi Kedaruratan Logistik BPBD Kota Probolinggo, Yuda, di lokasi. 

Sementara itu, Joni Sutrisno (orangtua korban) yang datang ke lokasi untuk mengambil sepeda motor  dengan plat nomor N 2378 OJ yang diamankan di SMK Taman Siswa I mengatakan kondisi korban saat ini sudah baik dan sudah kembali ke rumahnya. 

“Saat ini anak saya, Robert Sutrisno dan Dewi Shinta sudah pulang ke rumah, dengan kondisi yang baik,” jelas Joni.

Diketahui, pada Kamis 17 Nopember 2022, peristiwa pohon tumbang terjadi di wilayah Kota Probolinggo, pada pukul 16.50 WIB. Akibat hujan deras disertai angin ini bukan hanya menyebabkan pohon tumbang di beberapa lokasi, namun juga menyebabkan papan reklame serta tower roboh.

Berdasarkan data dari BPBD setempat, ada 17 lokasi kejadian, diantaranya  Jalan dr Saleh (SDN Sukabumi 2), Jalan DR Saleh (Klinik Polresta Probolinggo), Jalan Panglima Sudirman  depan Kodim 0820, Jalan KH.Mansyur barat alun-alun Kota Probolinggo, Jalan Basuki Rahmad depan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan MT Haryono Gg 6, Jalan Wahidin, Jl Imam Bonjol utara SDK Materdei, Jalan Panjaitan utara Primagama, Jalan Panglima Sudirman (depan toko burung sanjaya), dan Jalan Pahlawan. 

Selanjutnya Jalan Hayam Wuruk selatan kantor Inspektorat, Jalan Maramis, Jalan Soekarno Hatta depan dealer dunia motor, Jalan Gatot Subroto Gg 2, Jalan Supriadi tembus SMPN 10, Timur TMP, Jalan Suroyo depan kantor Dispenda Kabupaten Probolinggo. Kemudian ada papan reklame roboh di Jalan dr Sutomo depan toko ABC, tower roboh di PDAM Kota Probolinggo, dan tower roboh dibelakang Kecamatan Mayangan

Beberapa upaya telah dilakukan oleh tim gabungan diantaranya melakukan assesment dilokasi kejadian, melakukan pemotongan pohon tumbang dilokasi kejadian, berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membantu penanganan kejadian, menyampaikan informasi peringatan dini melalu media sosial Instagram,  Facebook dan Whatsap group melalui Pusdalops PB dan Melakukan pendataan kerusakan dan kerugian dampak pohon tumbang.

Adapun dampak dari peristiwa ini adalah pohon tumbang di Jalan Mt Haryono Gg 6 mengenai mobil parkir milik Benny Hendarwanto warga Dusun Krajan, Desa Sumberasih, Kab Probolinggo. Kondisi mobil rusak ringan, Pohon tumbang juga menimpa kendaraan roda 2  sebanyak 2 unit yg terparkir di halaman SDN Sukabumi 2, kondisi rusak ringan.

Dari peristiwa pohon roboh karena cuaca ekstrem di wilayah Kota Probolinggo ini, diharapkan agar masyarakat khususnya warga Kota Probolinggo agar lebih berhati-hati dalam berkendaraa atau saat melintas di jalanan Kota.

“Dan hari ini ada peristiwa pohon tumbang lagi, yang menimpa seorang ibu hamil yang melintas di jalan bersama suaminya,” tambah Yuda, BPBD Kota Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES