Peristiwa Daerah

Perwakilan BKKBN, Kemendes PDTT, dan Kemendagri Kunker ke Kabupaten Pulau Taliabu

Minggu, 06 November 2022 - 17:37 | 21.69k
Tarian Cakalelel menyambut kedatangan perwakilan Kemndes PDTT, BKKBN dan Kemndagri. (Foto: Husen/ TIMES Indonesia)
Tarian Cakalelel menyambut kedatangan perwakilan Kemndes PDTT, BKKBN dan Kemndagri. (Foto: Husen/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PULAU TALIABU – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Kementerian  Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkunjung ke Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara. 

Kunjungan ini dalam rangka memantau langsung program Nasional yang saat ini menjadi fokus kerja Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu. Mulau dari percepatan pencegahan angka stunting, kegiatan keluarga cerda dari Dinas KB hingga prmoosi wisata.

Kedatangan pertama perwakilan tiga lembaga ini disambut baik Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus. Ucapan terima kasih ia ucapkan dalam sambutanya kepada kepada Direktur BKB BKKBN Pusat, tim Ditjen Bina Desa Kemendagri, tim Kemendes dan tim BKKBN Maluku Utara di Pulau Taliabu.

"Mudah-mudahan momentum kegiatan hari ini dapat memberikan motivasi bagi kami untuk melaksanakan upaya peningkatan layanan BKB Mandiri yang lebih baik di Kabupaten Pulau Taliabu," ucap Aliong.

Dalam upaya untuk mewujudkan anak yang sejahtera dan juga keluarga cerdas yang bahagia , kata Aliong, Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu telah membuat kebijakan bahwa setiap anak yang lahir di Kabupaten Pulau Taliabu diharapkan menjadi anak yang sehat, cerdas dan berkualitas dan sosialisai usia pernikahan yang baik.

"Dengan kebijakan tersebut, Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu berupaya bersinergi berbagai aspek, mulai dari upaya untuk mewujudkan kesehatan ibu hamil, pemberdayaan keluarga baik secara ekonomi maupun sosial, pendidikan anak dan menciptakan ketahanan pangan," ujarnya.

Dengan mengikuti BKB, Aliong berharap setiap keluarga mampu meningkatkan kemampuannya dalam membina anak balita sehingga anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Melalui BKB juga, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan kesempatan bagi anak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sesuai yang diamanatkan UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Dalam ksempatan yang sama, Ir. Siti Fatona, Mph, Ahli Utama PLKB BKKBN, mengapresiasi perhatian Bupati Pulau Taliabu dan Zohra Yolandan Aliong  Mus  dalam upaya mejalankan program BKKBN di Taliabu.

Siti bahkan sudah megetahui apa saja yang dilakukan oleh Zohra dalam upaya membantu kerja Pemerintah Daerah sebagai upaya pencegahan stunting dan menggerakan  pkk Pulau Taliabu.

“Terimah kasih bupati dan ibu atas atas perhatiannya terhadap kerja-kerja dalam mendukung upaya pemerintah Pusat. Mului dari penurunan stunting dan program BKKBN. Pak bupati ini contoh pemimpin yang peduli ya, kalau ada tiga priode dalam pemerintahan, bupati bisa maju lagi,” ujar Siti saat menghadiri acara bkkbn di Desa Karamat.

Taliabu sendiri saat ini terus berfokus pada pencegahan percepatan penurunan stunting. Taliabu juga berhasil mendeklarasikan Desa Sanitasi total pertama di Maluku Utara. Kepala Dinas Kesehatan kuraisian marsaoly katakana, akan terus berupaya menjalan program pemereintah pusat dan visi misi Pemerintah Taliabu.

“Kami akan terus melaksanakan program pemerintah pusat dan visi misi daerah,” Kata Kuraisia, Minggu (6/11/2022).

Dalam membantu masyarakat yang berekonomi rendah. Pemerintah Pulau Taliabu setiap tahun terus menggelontorkan angggaran guna memberikan bantuan kesehatan gratis kepada masyarakat miskin. Program ini, kata Kuraisia, berjalan sampai saaat ini dan telah membantu mayarakat di Taliabu. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES