Peristiwa Daerah Tragedi Stadion Kanjuruhan

6 Orang Asal Tulungagung Jadi Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan

Minggu, 02 Oktober 2022 - 18:51 | 16.41k
6 Orang Asal Tulungagung Jadi Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan
Aremania turun ke lapangan setelah kecewa timnya mengalami kekalahan atas Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang. Sabtu (1/10/2022). (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)
FOKUS

Tragedi Stadion Kanjuruhan

TIMESINDONESIA, TULUNGAGUNG – Korban tragedi Stadion Kanjuruhan dari Kabupaten Tulungagung diketahui ada 6 orang. Jumlah itu termasuk almarhum Bripka Andik Purwanto, anggota Polsek Sumbergempol, Polres Tulungagung yang dimakamkan hari ini, Minggu (2/10/2022).

Sementara sisanya 5 orang lainnya berusia remaja namun tidak disebutkan apakah lima korban yang lain juga termasuk dalam korban tewas atau korban luka tragedi Kanjuruhan. "Setelah kita mapping bersama untuk Kabupaten Tulungagung ada lima. Usianya, usia remaja. 6 termasuk almarhum (Bripka Andik Purwanto)" kata Kapolres Tulungagung, AKBP Eko Hartanto, Minggu, (02/10/2022) sesusai pemakaman almarhum Bripka Andik Purwanto.

Almarhum Bripka Andik Purwanto dimakamkan pada sekitar pukul 14.00 di pemakaman umum Desa Sambijajar, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Karena gugur saat menjalankan tugas, Bripka Andik Purwanto mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa sebagai bentuk penghargaan. "Dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi, kenaikan pangkat luar biasa dari Bripka menjadi AIPDA Anumerta," tukas AKBP Eko Hartanto.

Menurut Menko PMK RI Muhadjir Effendy saat mengunjungi tempat kejadian, sampai Minggu siang korban tewas Tragedi Stadion Kanjuruhan  sebanyak 130 orang. Dari jumlah itu ada 19 jenazah korban belum teridentifikasi.

Muhadjir-Effendy.jpgMenteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy saat ditemui di RSSA Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

Korban yang meninggal dunia sendiri masih berpotensi bertambah.  Mengingat sebanyak 180 orang korban luka tengah dirawat di beberapa rumah sakit yang tersebar di Malang Raya. Antara lain, Rumah Sakit Hasta Husada Kepanjen, RS Wava Husada Kepanjen, RS Teja Husada Kepanjeng. Kemudian, RS Kanjuruhan Kepanjen, RSI Gondanglegi, Puskesmas Gondanglegi, RS Ben Mari Pakisaji Malang, RSU Pindad Turen, RS Salsabila, RSBK Turen dan RS Saiful Anwar Malang. 

Di sisi lain, imbas dari tragedi Stadion Kanjuruhan yang terjadi usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022), Presiden RI Jokowi telah memerintahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara Liga 1.

Presiden RI Jokowi yang juga meminta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut tuntas tragedi Stadion Kanjuruhan. "Saya memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," ucap Presiden Jokowi.

Presiden sangat menyesalkan terjadinya tragedi Stadion Kanjuruhan Malang tersebut dan berharap ini merupakan tragedi yang terakhir bagi sepak bola Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES