Peristiwa Daerah Tragedi Stadion Kanjuruhan

Korban Tragedi Kanjuruhan Malang, Almarhum Bripka Andik Purwanto Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Minggu, 02 Oktober 2022 - 19:05 | 22.02k
Korban Tragedi Kanjuruhan Malang, Almarhum Bripka Andik Purwanto Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa
Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto usai pemakaman polisi korban tragedi Stadion Kanjuruhan, Minggu (2/10/2022). (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)
FOKUS

Tragedi Stadion Kanjuruhan

TIMESINDONESIA, TULUNGAGUNG – Almarhum Bripka Andik Purwanto, anggota Polsek Sumbergempol, Polres Tulungagung yang gugur dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan, Sabtu (01/10/2022) dimakamkan pada Minggu (02/10/2022) sekitar pukul 14.00. Karena gugur saat menjalankan tugas, Bripka Andik Purwanto mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa sebagai bentuk penghargaan. 

"Dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi, kenaikan pangkat luar biasa dari Bripka menjadi AIPDA Anumerta," tukas Kapolres Tulungagung, AKBP Eko Hartanto seusai prosesi pemakaman almarhum  di pemakaman umum Desa Sambijajar, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung.

Untuk keluarga yang ditinggalkan, AKBP Eko Hartanto menambahkan, nantinya akan diberikan pendampingan psikologis (trauma healing) terhadap keluarga korban maupun anggota yang baru pulang bertugas dari Malang. "Dari Biddokkes Polda Jawa Timur nanti nanti akan memberikan beberapa personel yang sudah expert dalam trauma healing untuk korban dan keluarga korban," tambah AKBP Eko Hartanto. 

Polres Tulungagung sendiri mengirim 23 anggota untuk membantu pengamanan laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, yang terdiri dari 1 anggota berpangkat perwira dan 22 lainnya bintara. Begitu selesai, pihak Polres Tulungagung mendapatkan kabar bahwa salah satu anggota mereka menjadi korban dalam tragedi tersebut. 

"Kami mencari informasi lewat anggota lain dan RS, informasinya bahwa betul anggota kami Bripka Andik Purwanto mendahului kami semuanya untuk menghadap keridaan Allah subhanahu wa taala," tutur Kapolres Tulungagung.  Untuk 22 anggota lain tiba di Tulungagung dengan selamat, dan telah diperiksa kesehatannya." 22 (anggota) alhamdullilah sehat semua," kata Kapolres Tulungagung lagi.

Seperti diketahui dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan ada tiga personel kepolisian yang turut menjadi korban. 2 Meninggal dunia. Selain Almarhum Bripka Andik Purwanto, anggota kepolisian yang turut menjadi korban meninggal adalah Almarhum Briptu Fajar Yoyok, anggota Polsek Dongko, Polres Trenggalek. 

Almarhum Briptu Fajar Yoyok dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sentul Desa Sukosari Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Minggu, (02/10/2022) sekitar pukul 13.00 WIB.

Sementara korban luka adalah Bripda Agmal Khan Muhammad dari Sat Samapta Polres Trenggalek, yang dirawat di RS Bhayangkara Batu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES