Peristiwa Daerah

Hercules, Mantan Preman Tanah Abang Kunjungi Probolinggo, Ini yang Dilakukan

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 22:45 | 28.70k
Hercules, Mantan Preman Tanah Abang Kunjungi Probolinggo, Ini yang Dilakukan
Hercules pakai peci didampingi pengurus DPD, DPC GRIB saat menemui wartawan di Hotel Bromo Park, Kota Probolinggo (foto: Agus Purwoko/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu atau GRIB, Rosario Marshall atau yang dikenal dengan Hercules, berkunjung ke Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (01/10/22). Selama di Probolinggo, mantan preman Tanah Abang tersebut menemui sejumlah tokoh setempat.

Salah satunya, menghadiri Milad ke-20 Majelis Dakwah dan Dzikir Riyadlus Solihin, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Sebelum meluncur ke Leces, Hercules bersilaturahim dengan pengurus DPD GRIB Jawa Timur, di Hotel Bromo Park, Kota Probolinggo.

Kepada sejumlah wartawan, Hercules menyebut, ormas yang didirikan tahun 2011 tersebut, sudah memiliki DPD di 31 provinsi. Serta ratusan DPC Kota dan Kabupaten sudah terbentuk. Hanya saja, pria kelahiran Saparua Ambon tersebut, tidak merinci jumlahnya.

“31 DPD GRIB provinsi, sudah terbentuk. Kalau DPC Kota atau Kabupaten, kami tidak hafal. Pokonya sudah ratusan,” tandasnya.

Saat ditanya garis perjuangan ormas yang didirikan, Hercules menjawab, ekonomi dan Sosial kemasyarakatan. Berupa, pemberdayaan ekonomi bagi warga miskin, PKL dan UMKM. Serta pemberdayaan pada kaum difabel atau cacat, dan anak-anak telantar.

“GRIB ormas, bukan parpol,” sebut pria kelahiran 1968 tersebut kepada TIMES Indonesia.

Hercules tak menampik, jika dalam perjalanannya GRIB digandeng partai politik (Parpol). Sepanjang program yang dijalankan parpol berupa pemberdayaan untuk kemaslahatan umat. Namun, pihaknya tetap independen dan berjalan sesuai garis perjuangan ormasnya.

“Ormas yang kami pimpin, tidak akan dukung-mendukung. Kami tetap menjaga independensi. Tidak ke sana ke mari,” tegasnya.

Selain bersilaturahim dengan pengurus DPD Jatim, dirinya beserta rombongan akan menghadiri Milad ke 20 Majelis Dakwah dan Dzikir Riyadlus Solihin, yang dipimpin Habib Reza.

“Beliau Habib Reza kan sahabat kami. Ya kami hadir. Bukan urusan partai, tapi soal perjuangan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Hercules menegaskan, pengurus GRIB DPP, DPD provinsi dan DPC Kota atau Kabupaten, berasal dari beberapa tokoh pemuda.

“Saya memang mantan preman tanah Abang. Tapi pengurs GRIB banyak dari ustadz, habaib dan tokoh Islam lainnya. Bukan gerombolan preman. Di samping saya ini, ketua GRIB DPD Jawa Timur, seorang habib,” pungkasnya.

Usai dari Leces, Hercules meluncur ke Desa Brani Kulon, Kecamatan Maron. Di sini, ia berziarah ke makam Habib Husein bin Hadi Al-Hamid.

Sementara itu, Ketua DPD GRIB Jawa Timur, Habib Agil Al Hamid menyebut, dari 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur, sebagian besar sudah terbentuk DPC GRIB.

“Wilayah Tapal Kuda dan Oseng sebagian besar sudah terbentuk. Madura masih proses, wilayah Matraman juga sebagian sudah ada DPC nya,” katanya singkat perihal GRIB yang dipimpin Hercules.

Hercules Dulu dan Sekarang

Selama ini, Hercules dikenal sebagai seorang gangster. Ia dilahirkan di Ainaro, sebuah kota di Timor Leste pada tahun 1968. Hercules kehilangan satu tangannya saat berusia 12 tahun dalam sebuah serangan di tempat kelahirannya itu.

Hercules adalah seorang portir untuk TNI AD pada masa intergrasi Timor Timur.

Saat pindah ke Jakarta, Hercules mendirikan kelompok preman miliknya sendiri di kawasan Tanah Abang. Ia mengatur dunia bawah tanah kejahatan Jakarta pada 1990-an.

Kini, Hercules telah meninggalkan dunia preman. Saat berkunjung ke Probolinggo, mantan preman Tanah Abang ini datang sebagai Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu atau GRIB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES