Peristiwa Daerah

Begini Langkah Kejari Majalengka Mengawal Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Jumat, 30 September 2022 - 12:27 | 22.75k
Begini Langkah Kejari Majalengka Mengawal Program Pemulihan Ekonomi Nasional
Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Majalengka (Kejari Majalengka), Eman Sulaeman. (FOTO: dok TIMES Indoneeia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Kejaksaan Negeri Kabupaten Majalengka atau Kejari Majalengka menyatakan kesiapannya dalam mengawal program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di bidang hukum dengan melakukan pengawasan, pendampingan hukum, dan pencegahan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Kejari Majalengka akan mengambil peran dan fungsi pendampingan hukum (legal assistance) terkait program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai upaya pemulihan dampak pandemi virus corona (Covid-19) yang dilakukan oleh bidang perdata dan tata usaha negara.

Berikut Kegiatan yang Menjadi Prioritas Kejari Majalengka:

1. Pendampingan dalam penyaluran kredit dengan subsidi bunga untuk usaha ultra mikro dan UMKM

2. Pendampingan dalam kegiatan pengawasan pelaksanaan penyaluran kredit dengan subsidi bunga dan pencegahan korupsi.

3. Bantuan hukum litigasi dan nonlitigasi dalam penyelesaian kredit bermasalah yang diberikan berdasarkan Surat Permohonan dan Surat Kuasa Khusus (SKK).

Peran Kejari Majalengka juga bisa dalam konteks pencegahan dan dijadikan sebagai tempat konsultasi oleh pemerintah daerah sebagai pengambil kebijakan di daerah, sehingga dapat memastikan apa yang dikerjakan tidak menyimpang dari hukum atau aturan.

Untuk itu, Kajari Majalengka, Eman Sulaeman mengimbau kepada pihak-pihak yang akan terlibat dalam pelaksanaan program PEN untuk memperhatikan dan mengikuti prinsip-prinsip azas keadilan sosial.

Juga menerapkan kaidah kebijakan yakni kehati-hatian dan tata kelola keuangan yang baik secara transparan dan akuntabel.

Menciptakan Kondisi yang Sinergis

Selain itu, untuk menyukseskan program PEN selain melakukan pengawasan dan pendampingan.

Eman-Sulaeman.jpgKajari Majalengka, Eman Sulaeman saat melaunching program Jaksa Mapag Desa. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

Kejari Majalengka dalam hal ini bidang intelijen dan bidang perdata dan tata usaha negara memiliki program untuk menciptakan kondisi yang sinergis dengan berbagai pihak dalam upaya mendukung terciptanya iklim investasi yang sehat dan kondusif di wilayah Kabupaten Majalengka.

Nantinya, kata dia, diharapkan saat melaksanakan perannya dalam pendekatan pencegahan tindak pidana korupsi tidak kontra produktif dengan upaya untuk mengamankan dan menyukseskan jalannya program PEN tersebut.

"Kita akan aktif melakukan pengawalan dan pendampingan guna mendukung pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional secara profesional dan proporsional," imbuhnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (30/9/3022).

Selain itu, ia juga berkomitmen akan melakukan tindakan preventif terhadap masalah-masalah hukum yang telah terdeteksi sejak dini. Hal ini dilakukan supaya tidak menunggu masalah yang ada mengemuka ke permukaan.

"Sehingga kita harapkan melalui tindakan preventif ini , diharapkan tidak menimbulkan kegaduhan, utamanya dalam konteks pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya.

Dan untuk terlaksananya program PEN di wilayah Kabupaten Majalengka, diharapkan kepada seluruh stakeholder terkait (Perbankan, Dinas Perdagin, Dinas Koperasi & UMKM, Dinas Penanaman Modal Satu Pintu dan lain-lain) untuk tidak segan-segan melakukan permohonan pendampingan kepada Kejaksaan Negeri Majalengka.

Dengan adanya penegakkan hukum yang bermartabat dan terciptanya keseimbangan antara kepastian hukum dan kemanfaatan hukum dapat mendorong Indonesia segera pulih sebagaimana tujuan yang diharapkan program PEN.

Pada intinya, Kejari Majalengka akan melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangan yang dimiliki secara optimal, profesional, proporsional serta akuntabel dan berlandaskan pada aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku tanpa mengurangi rasa keadilan yang berada di masyarakat.

"Sehingga manfaat dari penegakan hukum yang dilakukan Kejari Majalengka dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Majalengka secara adil. Sehingga program pemulihan ekonomi nasional ini bisa berjalan sukses," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES